MU Tanpa Striker Lawan Chelsea

BolaSempak – Jelang laga perempat-final FA Cup menghadapi Chelsea, Manchester United memiliki sebuah masalah besar. Dalam konferensi pers sebelum laga, manajer Jose Mourinho menyatakan bahwa keempat penyerang yang saat ini ada dalam skuad MU tidak akan bisa ikut bertanding karena beberapa hal.

 

Penyerang utama The Red Devils, Zlatan Ibrahimovic tidak dapat turun bertanding akibat larangan bermain dalam tiga pertandingan yang ia terima akibat insiden sikutan dengan pemain Bournemouth, Tyrone Mings pada akhir pekan lalu. Saat itu kepala Ibra mendapatkan injakan dari Mings, yang membuatnya membalas dengan sikutan beberapa menit setelahnya. Ibra tidak diusir wasit saat itu, tapi penyelidikan FA setelah laga membuatnya tidak dapat luput dari sanksi, demikian juga Mings yang terkena larangan tampil dalam 5 laga.

 

Marcus Rashford yang biasanya menjadi deputi dari Ibra juga dipastikan oleh Mourinho tidak akan tampil karena menderita sakit. Anthony Martial yang biasanya bermain di sayap kiri sebenarnya memiliki posisi asli sebagai penyerang tengah, namun sang penyerang masih berkutat dengan cedera. Demikian juga dengan kapten tim Wayne Rooney yang mengalami cedera karena perebutan bola dengan Phil Jones saat sesi latihan.

 

Dengan tidak dapat tampilnya keempat penyerang yang ada saat ini, Mourinho wajib memikirkan cara lain untuk mendobrak pertahanan Chelsea. Beberapa pemain dapat menjadi opsi untuk memimpin lini serang MU kendati bukan berposisi sebagai seorang penyerang tengah.

 

Nama pertama yang dapat dimainkan oleh pelatih asal Portugal tersebut sebagai titik fokal serangan MU adalah Marouane Fellaini. Kendati tidak memiliki kecepatan seperti Rashford atau Martial maupun penyelesaian akhir yang mematikan seperti Ibrahimovic, namun postur Fellaini yang tinggi besar membuatnya kerap dijadikan sebagai target man. Kehadiran Fellaini dapat di kotak pinalti dapat membuat lini pertahanan lawan memfokuskan penjagaan pada pemain asal Belgia ini sehingga melupakan pemain lain.

 

Nama-nama lainnya adalah Henrikh Mkhitaryan atau Juan Mata. Kedua pemain ini memiliki kemampuan untuk mencari celah di lini belakang lawan, dan bisa dimainkan oleh Mourinho sebagai false nine. (AA)