Mourinho Mengaku Heran Dengan Penilaian Rooney Tentang Pogba

bolasempak.com Manajer Manchester United, Jose Mourinho, yakin Paul Pogba memiliki “segalanya”, tapi seharusnya tidak dianggap sebagai gelandang box-to-box.

 

Pria asal Portugal itu menjatuhkan Pogba ke bangku cadangan di pertandingan akhir pekan lalu, memilih Scott McTominay dalam kemenangan 2-0 atas Huddersfield Town. Dan Wayne Rooney yang menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa United, menyarankan agar Mourinho memainkan Pogba dalam peran yang tepat.

 

“Bagi saya, Paul Pogba adalah pemain box-to-box klasik. Dia bisa melakukan permainan sederhana tapi hasilnya sangat baik,” kata Rooney kepada Sky Sports (9/2/2018).

 

Namun Mourinho mengecam kritik terkait penampilan Pogba saat dia berbicara dengan media jelang lawatan ke kandang Newcastle United.

 

“Tidak ada yang berbeda dengan apa yang Paul lakukan setiap minggu, dia adalah seorang profesional dan suka berlatih,” kata Mourinho. “Saya tidak pernah memiliki masalah dengan profesionalisme karena dia berlatih secara konsisten.

 

“Saya tertawa terbahak-bahak selama seminggu terakhir karena saya mendengar dan membaca beberapa hal. Saya bukan orang Inggris tapi saya cukup mengerti bahasa Inggris untuk mengerti apa yang Anda maksud dengan box-to-box, namun dengan beberapa komentar dari orang-orang penting di sepakbola, saya sedikit bingung.

 

“Bagi saya, box-to-box berarti box-to-box dan artinya Anda harus bermain baik ketika bertahan dan menyerang. Kondisi fisik, keinginan, intensitas dan stamina adalah hal yang harus dimiliki.

 

“Anda harus mahir mencetak gol dan menciptakan peluang. Dan kemudian ketika tim Anda kehilangan bola, Anda harus berpindah posisi lagi. Tapi saya bingung dengan pendapat box-to-box yang membebaskan tugas bertahan.

 

“Saya rasa negara ini menghasilkan banyak pemain box-to-box yang menakjubkan, saya senang melatih beberapa orang dari mereka, tapi saat ini dengan beberapa pakar, beberapa agen, beberapa anggota keluarga, konsep box-to-box memiliki perubahan.

 

“Saya pikir sekarang akan ada konsep yang berbeda dari box-to-box, saya mendengarnya untuk pertama kalinya pada tahun 2004 ketika saya tiba di sini. Bagi saya dengan bahasa Portugis, box-to-box adalah seorang gelandang.

 

“Dia bukan striker, jadi ketika orang bertanya apa posisi yang dia mainkan, dia adalah pemain lini tengah, itu tergantung sistem taktisnya yang jelas tetap di lini tengah.

 

“Dengan begitu banyak pendapat, kita berada dalam dunia opini, memang banyak yang bingung tapi tidak ada kebingungan antara saya dan Paul, dia adalah pemain lini tengah dan hanya itu. Sulit untuk menemukan pemain dengan potensi lebih besar seperti Paul, karena dia memiliki segalanya.”

 

Pogba telah mencetak 3 gol dan 9 assist dalam 16 penampilan Premier League musim ini, dan Mourinho membantah pemainnya itu harus memberikan lebih banyak hal setelah ditebus sebesar € 105 juta.

 

“Saya pikir setiap pemain akan berevolusi sampai akhir karirnya,” tambah Mourinho. “Bila Anda adalah anak kecil, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk belajar, tapi sampai akhir karir Anda, Anda memiliki sesuatu untuk dipelajari, diperbaiki dan disesuaikan.”