Marco Silva Tinggalkan Hull

BolaSempak – Hull City mengonfirmasi bahwa Marco Silva telah mengundurkan diri sebagai manajer klub menyusul terdegradasinya Hull dari ajang Liga Primer Inggris.

 

Pelatih berusia 39 tahun tersebut, yang menggantikan posisi dari Mike Phelan di KCOM Stadium pada bulan Januari, telah santer diberitakan untuk meninggalkan klub setelah mereka turun kasta ke divisi Championship. Kekalahan telak 4-0 dari Crystal Palace mengonfirmasi terdegradasinya The Tigers.

 

Diberitakan bahwa kontrak Silva mengandung klausul yang mengakibatkannya boleh pergi begitu saja jika Hull terdegradasi dan pihak klub mengumumkan pada hari Kamis bahwa ia telah memberitahu mereka mengenai keputusannya untuk hengkang kendati ditawarkan kontrak yang baru.

 

“Hull City dapat mengumumkan kalau Marco Silva memilih untuk meninggalkan posisinya sebagai pelatih. Konfirmasi ini sebelumnya tertunda karena penyelesaian perjanjian mengenai pelepasannya,” demikian bunyi pernyataan dari Hull.

 

“Marco ditawarkan kesempatan untuk melanjutkan pekerjaan yang telah ia lakukan dalam empat setengah bulan keberadaannya di KCOM Stadium. Sayangnya, setelah mempertimbangkan masa depannya, ia memilih untuk tidak melanjutkan kontrak demi mengembangkan karirnya dan meninggalkan klub dengan asisten pelatih Joao Pedro Sousa, pelatih tim utama Goncalo Pedro dan pelatih penjaga gawang Hugo Oliveira.”

 

“Kendati kecewa dengan kepergian Marco, kami sekali lagi ingin memberikan apresiasi kami terhadap upayanya dan juga para staf pribadinya. Walaupun hanya berada di klub dalam jangka waktu yang singkat, pelatih berusia 39 tahun ini menjadi favorit para penggemar dan akan selamanya diingat atas usahanya mempertahankan status kami di Liga Primer. Kami saat ini akan melaksanan proses perekrutan pengganti dengan cermat dan pertimbangan yang matang.”

 

Sebelumnya pada hari Kamis, Vice Chairman Ehab Allam memuji sang pelatih dan meyakini bahwa ia lebih baik dari sekadar melatih di divisi Championship. Kepada Sky Sports, Allam mengatakan kalau Silva merupakan seorang pelatih yang sangat bagus dan layak melatih di Liga Primer atau bahkan klub top Eropa.

 

Silva sedang dikaitkan dengan Crystal Palace dan Watford dalam beberapa hari terakhir. Pelatih Palace, Sam Allardyce mengundurkan diri dan pensiun di awal pekan ini, sementara Watford belum kunjung menemukan pengganti dari Walter Mazzarri. Mantan pelatih Sporting Lisbon ini juga disebut akan kembali ke Portugal dan Porto disebut akan menawarkan kontrak menyusul pemecatan dari Nuno Espirito Santo pada hari Selasa kemarin. (AA)