Manchester City Finis Ketiga

BolaSempak – Manchester City memastikan satu tempat di fase grup Liga Champions musim depan dengan luar biasa setelah menekuk West Bromwich Albion di partai terakhir Liga Primer Inggris dengan skor telak 5-0. Pada laga yang berlangsung di Vicarage Road tersebut, City meraup tiga poin penuh untuk menyegel posisi ketiga klasemen akhir liga.

 

Anak-anak asuh Pep Guardiol memanfaatkan penampilan tim tuan rumah yang terkesan ala kadarnya, dengan para pendukung tuan rumah membuat jelas kalau pelatih Walter Mazzarri yang akan meninggalkan klub di akhir musim ini tidak akan dirindukan.

 

Posisi ketiga City yang berada di atas Liverpool tidak pernah berada dalam bahaya, terutama setelah kapten Vincent Kompany mencetak gol di menit ke-5 melalui sundulan kepala dan dua gol dari Sergio Aguero di babak pertama, golnya yang ke-32 dan 33 di semua kompetisi musim ini, membuat tim tamu unggul 3-0 memasuki jeda.

 

Pusat pencetak gol kemudian bergeser dari Argentina ke Brazil, dengan Fernandinho dan Gabriel Jesus, yang membuatnya mencetak tujuh gol dari delapan start di Liga Primer Inggris, melengkapi pesta gol The Citizens. Hal ini berarti skuad City menjawab tantangan dari manajer mereka untuk lebih klinikal di depan gawang.

 

Kesalahan penjaga gawang Watford, Heurelho Gomes hampir membuat City unggul di menit pertama tetapi sentuhan yang kurang baik dari Aguero membuat Gomes dapat bernafas lega. Sundulan Jesus kemudian dibuang di garis gawang oleh Jose Holebas.

 

Tapi penampilan buruk lini belakang tuan rumah berlanjut dan Kompany berhasil menanduk bola umpan tendangan sudut dari Kevin De Bruyne praktis tanpa kawalan. De Bruyne kembali menjadi kreator gol kedua dengan memberikan assist cantik bagi Aguero, sebelum penyerang asal Argentina tersebut memanfaatkan umpan dari Leroy Sane untuk membuat babak pertama diakhiri dengan skor 3-0.

 

Babak kedua dimulai dengan tidak membahagiakan bagi Watford. Daryl Janmaat melancarkan tekel sia-sia untuk menghentikan Sane, yang mana ia justru mencederai diri sendiri dan harus ditarik keluar untuk digantikan pemain berusia 19 tahun, Andrew Eleftheriou yang melakoni debutnya.

 

Debut Eleftheriou terbukti sulit karena tidak lama setelahnya, Fernandinho memperbesar keunggulan City menjadi empat gol setelah berkombinasi dengan Jesus. Para pendukung The Hornets di stadion kemudian bersorak kepada Mazzarri yang tampak ditegur oleh wasit akibat protes berlebihan. Tidak lama setelahnya, Jesus menyudahi pesta gol City setelah memanfaatkan umpan dari Aguero. (AA)