Manchester City Dan Liverpool Sama Kuat

BolaSempak – Manchester City dan Liverpool harus saling baku hantam di akhir pekan kemarin pada ajang Liga Primer Inggris. Kedua tim yang kini menempati peringkat tiga dan empat di klasemen sementara ingin meraih tiga poin untuk mengamankan posisi mereka di zona empat besar agar bisa berpartisipasi di Liga Champions musim depan. Posisi kedua tim belumlah aman karena Manchester United dan Arsenal masih mungkin menggusur mereka dari posisi empat besar.

 

Pada laga yang berlangsung di Etihad Stadium markas dari City ini, kedua tim menerapkan penampilan terbuka sejak menit pertama. Manajer City, Pep Guardiola memegang kata-katanya dengan tidak mengubah gaya bermain timnya setelah kekalahan menyakitkan dari AS Monaco di ajang Liga Champions yang membuat mereka tersingkir dari kompetisi paling elit klub antar Eropa. Sementara Liverpool juga masih setia dengan strategi gegenpressing khas manajer mereka, Jurgen Klopp.

 

Kendati kedua tim bermain menyerang, tetapi peluang berbahaya pertama yang tercipta pada laga ini baru terjadi di menit ke-19. Tendangan Leroy Sane dapat ditepis oleh Simon Mignolet, dan bola rebound tepisan sang penjaga gawang Liverpool hanya mampu ditembakkan oleh David Silva ke atas mistar gawang. Kedua tim masing-masing meminta pinalti. Sergio Aguero dijatuhkan oleh Joel Matip, sementara Sadio Mane juga dijatuhkan oleh Nicolas Otamendi. Tetapi wasit Michael Oliver tidak mengindahkan protes kedua tim.

 

Pinalti akhirnya didapatkan oleh Liverpool di babak kedua, tepatnya di menit ke-51 setelah Gael Clichy melanggar Roberto Firmino. Tendangan pinalti dieksekusi dengan sempurna oleh mantan punggawa City, James Milner untuk mengubah skor menjadi 1-0. Tetapi keunggulan tersebut hanya bertahan 17 menit. Aguero menjebol gawang Mignolet dengan memanfaatkan umpan Kevin De Bruyne.

 

Kedua tim memiliki kesempatan emas untuk menambah angka, namun secara luar biasa keduanya gagal. Adam Lallana gagal menyambut umpan Firmino di depan gawang, dan Aguero juga gagal karena tembakan volinya dari jarak dekat hanya melambung di atas gawang. Skor akhir 1-1. (AA)