Lumat Millwall, Tottenham Ke Semifinal

BolaSempak – Tottenham Hotspur sukses mengikuti langkah dari Manchester City dan Arsenal ke babak semifinal FA Cup setelah tanpa ampun menaklukkan rival satu kota Millwall dengan skor 6-0. Namun para penggemar Tottenham patut harap-harap cemas terhadap kondisi dari striker andalan Harry Kane yang menderita cedera dan harus ditarik keluar lapangan saat laga baru memasuki menit ke-8 untuk digantikan oleh Christian Eriksen.

 

Kane ditengarai menderita cedera engkel akibat tekel yang dilakukan oleh pemain Millwall, Jake Cooper. Saat ini pihak Tottenham tengah menunggu hasil pemeriksaan dokter, dan dalam kasus terburuk, musim Kane bisa saja berakhir lebih dini. Namun ketiadaan Kane selama hampir sepanjang laga menghadapi Millwall tidak mempengaruhi permainan Tottenham. Perbedaan kualitas jelas berandil besar, dimana Millwall saat ini menghuni League One yang berada dua kasta di bawah English Premier League.

 

Eriksen yang menggantikan Kane mampu membuka keunggulan tim tuan rumah pada menit ke-31 memanfaatkan umpan dari Dele Alli. Tendangan setengah voli dari Eriksen gagal diantisipasi oleh penjaga gawang Thomas King. Keunggulan Spurs bertambah empat menit sebelum jeda. Kombinasi Alli dan Eric Dier berhasil diselesaikan dengan baik oleh Son Heung-min untuk mengubah skor menjadi 2-0.

 

Setelah turun minum, permainan anak-anak asuh Mauricio Pochettino makin berkembang, membuat Millwall makin kesulitan mengimbangi. Son mencetak gol keduanya di menit ke-54. Tendangan first time Son memanfaatkan umpan Kieran Trippier membuat Spurs kini unggul tiga gol. Trippier lagi-lagi menjadi kreator gol dari Spurs, yakni gol keempat yang dicetak oleh Alli di menit ke-72. Umpan silang Trippier menemui Alli yang berdiri bebas di depan gawang. Gol tersebut merupakan gol ke-16 Alli musim ini.

 

Setelah Vincent Janssen mencetak gol di menit ke-79, Son menutup pesta gol Tottenham dengan mencetak hattrick lewat golnya di injury time. Torehan tersebut jelas merupakan prestasi tersendiri bagi penyerang asal Korea Selatan tersebut yang sempat mendapatkan perlakuan rasisme dari pendukung Millwall.

 

Lolosnya Spurs membuat tinggal satu tempat di babak semifinal yang akan diperebutkan oleh Chelsea dan Manchester United. (AA)