Liverpool Pastikan Empat Besar

BolaSempak – Liverpool memastikan satu tempat di Liga Champions musim depan dengan kemenangan 3-0 di pertandingan terakhir Liga Primer Inggris musim ini melawan Middlesbrough yang sudah dipastikan akan terdegradasi untuk mengamankan peringkat keempat di klasemen akhir.

 

Pasukan Jurgen Klopp akan kembali menduduki satu tempat di kompetisi elit antara klub Eropa musim depan, kendati harus melalui jalur playoff, setelah tidak masuk dalam kompetisi musim ini. Kemenangan meyakinkan di hari Minggu kemarin memastikan bahwa hasil yang didapat Arsenal melawan Everton tidak akan berpengaruh terhadap hasil akhir perebutan menuju posisi empat besar.

 

Dua kekalahan kandang dari The Reds musim ini datang dari dua tim papan bawah Swansea City dan Crystal Palace, tetapi walaupun Boro mampu membuat mereka frustrasi di babak pertama, tendangan keras dari Georginio Wijnaldum sebelum jeda turun minum membuat tim tamu menyerah.

 

Philippe Coutinho kemudian menambah keunggulan tuan rumah di awal babak kedua dengan tendangan bebas melengkung yang sangat cantik untuk memberi Liverpool udara untuk bernafas sebelum Adam Lallana melengkapi kemenangan melawan tim yang kini tidak pernah menang sekalipun dari 22 kunjungan terakhir mereka ke Anfield.

 

Mengetahui kemenangan akan memastikan posisi mereka di empat besar, yang kedua dalam delapan musim, Liverpool yang belum meraih kemenangan dalam tiga laga kandang terakhir mereka memulai laga dengan baik. Roberto Firmino menguji Brad Guzan dengan tendangan dari luar kotak pinalti.

 

Calum Chambers kemudian harus membuang bola umpan silang Coutinho dimana Daniel Sturridge telah menunggu, dimana penyerang asal Inggris tersebut tampil sejak menit pertama untuk kali pertama di Anfield sejak bulan September silam.

 

Tembakan Nathaniel Clyne kemudian melebar. Para penonton di stadion kemudian memberikan reaksi begitu kabar tersiar kalau Arsenal tengah unggul dari Everton, yang berarti kalau Liverpool akan turun peringkat jika kedudukan kedua tim tidak berubah.

 

Kendati mendominasi penguasaan bola, tim tuan rumah gagal untuk benar-benar menguji Guzan yang tampil dalam laga terakhir bagi Boro sebelum pindah ke Atlanta United. Tetapi Wijnaldum kemudian memecah kebuntuan di injury time babak pertama. Umpan dari Firmino dengan tenang diselesaikan oleh Wijnaldum yang mengundang selebrasi Klopp di pinggir lapangan.

 

Keunggulan Liverpool bertambah hanya enam menit setelah babak kedua dimulai. Coutinho mencetak golnya yang ke-13 di Liga Primer musim ini dengan tendangan bebas yang cantik. Lallana kemudian menyelesaikan serangan balik yang cepat untuk memastikan sepakbola Eropa kembali ke Anfield musim depan. (AA)