Kompany Cetak Gol, City Gebuk Southampton

BolaSempak – Vincent Kompany mencetak gol pertamanya di Liga Primer Inggris sejak bulan Agustus 2015 untuk membantu membawa Manchester City menduduki peringkat ketiga klasemen sementara berkat kemenangan 3-0 atas tuan rumah Southampton.

 

Bermain di St. Mary’s Stadium, kedua tim tampil mengecewakan di babak pertama dimana kedua penjaga gawang sama sekali tidak mendapatkan ancaman berarti, kendati Leroy Sane berhak mengklaim bahwa dirinya dilanggar di kotak pinalti dan tidak mendapatkan hadiah tendangan pinalti.

 

Tetapi City menemukan titik terang setelah turun minum dan hal itu disediakan oleh Kompany, yang kembali ke starting lineup setelah tidak dimainkan dalam kemenangan 3-1 City atas Hull City. Sundulan kepala bek asal Belgia tersebut, yang sejatinya tampak bisa diselamatkan oleh penjaga gawang Fraser Forster, mengakhiri puasa gol 20 bulan, tetapi bek yang kerap dirongrong cedera ini hanya bermain dalam 17 pertandingan dalam kurun waktu yang sama.

 

Babak pertama tidak berjalan dengan menarik. Kedua tim sama-sama gagal mengambil inisiatif serangan dan tidak mampu memberikan tekanan berarti kepada lini pertahanan lawan mereka. Dusan Tadic seharusnya mampu mengancam gawang Claudio Bravo, tetapi tendangannya melambung tinggi kendati sudah berdiri bebas berkat kombinasi dari Nathan Redmond dan Manolo Gabbiadini.

 

Satu-satunya hal yang layak dibicarakan di babak pertama adalah bagaimana Sane dijatuhkan tanpa mendapatkan hadiah pinalti. Pemain asal Jerman tersebut mendapatkan umpan dari Yaya Toure, sebelum Forster menyapu bola dan juga kaki dari sang pemain, tetapi wasit Neil Swarbrick tidak memberikan hadiah pinalti. Dari tayangan ulang, Forster terlihat memang sedikit mendapatkan bola.

 

Di babak kedua, Forster menunjukkan dua sisi yang berbeda. Pertama, ia menepis tendangan keras Jesus Navas dengan gemilang, namun tidak lama kemudian ia gagal menghalau sundulan Kompany yang sebenarnya mengarah tepat ke arah dirinya.

 

Setelah penyelamatan dari Bravo atas peluang Tadic, yang merupakan penyelamatan pertama dari delapan shot on target yang ia hadapi, Kevin De Bruyne mencetak gol kedua City melalui skema serangan balik. De Bruyne kemudian ganti menjadi kreator dari gol ketiga yang diciptakan oleh Sergio Aguero. Umpan silang gelandang asal Belgia tersebut mampu ditanduk Aguero untuk mencetak gol, golnya yang ke-11 dari 11 pertandingan terakhir.

 

Hasil ini membuat anak-anak asuh Pep Guardiola untuk sementara melewati Liverpool di peringkat ketiga, dan melebarkan jarak menjadi tujuh poin dari Manchester United di peringkat kelima, kendati tetangga sekota mereka tersebut masih memiliki dua laga tersisa. (AA)