Klopp Berharap Transfer Neymar Tidak Pengaruhi Sepakbola

BolaSempak Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, berharap kepindahan Neymar ke Paris-Saint Germain dengan nilai transfer rekor dunia adalah “pengecualian” dan bukan kenyataan baru untuk nilai bursa transfer sepakbola.

 

PSG telah membayar € 222 juta untuk memicu klausul rilis dalam kontrak Neymar, dengan pemain asal Brasil tersebut memberi tahu Barcelona pada tengah pekan bahwa ia ingin meninggalkan raksasa Catalan.

 

Sebuah kesepakatan akhirnya diselesaikan beberapa hari lalu, namun Klopp (yang pemain bintangnya Philippe Coutinho dilaporkan menjadi target Barca sebagai pengganti Neymar) menyatakan bahwa peraturan Financial Fair Play (FFP) seharusnya menghentikan transfer itu.

 

PSG juga telah dihukum satu kali karena melanggar ketentuan FFP dan presiden Barca Josep Maria serta perwakilan La Liga Javier Tebas telah menyatakan bahwa kepindahan Neymar akan bertentangan dengan peraturan FIFA.

 

“Ada klub yang bisa membayar biaya seperti itu, misalnya Manchester City dan PSG,” Klopp mengatakan kepada wartawan. “Semua orang tahu itu. Saya pikir Financial Fair Play dibuat agar situasi seperti itu tidak bisa terjadi.

 

“Itu lebih merupakan saran daripada peraturan yang sebenarnya, saya tidak mengerti, saya tidak tahu bagaimana hal itu terjadi. Saya harap itu bukan langkah selanjutnya, saya pikir dan berharap itu akan tetap menjadi pengecualian, tapi kita tidak tahu apa yang terjadi sebenarnya.

 

“Yang cukup jelas, dengan nilai transfer seperti itu, semua klub berani memasukkan klausul tinggi dalam kontrak pemain, entah karena faktor bakat atau trofi. Tapi hal semacam itu benar-benar membuat nilai sepakbola menurun, karena ketidakwajaran bisa mengubah pola setiap klub.

 

“Saya mengkhawatirkan dengan persaingan saat ini, dan saya harap pertaruan FFP semakin diperjelas. Badan sepakbola Eropa atau FIFA harus berani membuat langkah tepat, karena ini seperti citra dari sepakbola itu sendiri.”