Joel Pereira, Harapan Mourinho Di Masa Depan

BolaSempak – “Kami memiliki dua kiper yang fantastis dan kami memiliki penjaga gawang ketika yang saya pikir akan menjadi penjaga gawang Portugal terbaik di generasi selanjutnya,” tukas Jose Mourinho di awal bulan ini ketika ditanya mengenai rencananya bagi David De Gea dan Sergio Romero. Hari ini, Joel Pereira akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan seberapa bagus dirinya.

 

Penjaga gawang berusia 20 tahun tersebut sudah merasakan bermain di tim utama Manchester United sebelumnya ketika menggantikan Romero di 10 menit terakhir pada kemenangan 4-0 menghadapi Wigan Athletic di ajang FA Cup pada bulan Januari silam, tetapi laga terakhir menghadapi Crystal Palace akan menandai laga debut dari menit pertamanya ketika sorotan media berada kepada rumor kepindahan De Gea yang dikabarkan akan segera pindah ke Real Madrid.

 

Ketika penggemar United mulai berpikir siapa yang mungkin akan menjadi penjaga gawang nomor satu mereka di jangka panjang, Pereira melihat posisinya di klub berubah drastis dalam beberapa tahun terakhir. Penjaga gawang Portugal kelahiran Swiss tersebut menghabiskan paruh pertama musim 2015/2016 sebagai pemain pinjaman di Rochdale, dimana ia bermain dalam delapan pertandingan. Kendati ia hanya menorehkan satu clean sheet, ia meninggalkan impresi yang baik kepada banyak orang di klub.

 

Setelah kembali ke Old Trafford pada musim dingin, Pereira membantu tim U-21 memenangkan gelar Liga Primer U-21 untuk tahun kedua berturut-turut dan merayakan keberhasilan tersebut dengan melompat ke para pendukung tandang di White Hart Lane setelah kemenangan 3-2 atas Tottenham.

 

Musim ini ia menorehkan langkah besar dengan bergabung dengan klub divisi utama Belenenses dengan status pinjaman dan melihat reputasinya meroket setelah beberapa penampilan gemilang. Ketika penjaga gawang ketiga United Sam Johnstone bersikeras untuk pergi meninggalkan M16, Pereira dipanggil dari negaranya untuk bekerja lebih dekat dengan De Gea dan Romero.

 

Euforia membuat debutnya di Januari menurun kurang dari 24 jam setelahnya karena cedera ligamen pada lututnya dalam laga U-23 melawan Everton dimana ia melakukan penyelamatan pada tendangan pinalti, tetapi setelah pulih ia tampil impresif selama latihan untuk membuat Mourinho untuk memberitahu kepada publik mengenai kekagumannya terhadap sang pemain.

 

Sebagai penjaga gawang yang bertubuh tinggi, ia jelas memiliki postur yang memungkinkan untuk menjadi penjaga gawang top di masa depan, tetapi ia juga cukup vokal dalam mengorganisir lini belakang berkat kepribadiannya yang percaya diri dan easygoing. Bahkan ketika masuk sebagai pengganti dalam 10 menit terakhir melawan Wigan, ia tidak memiliki masalah dalam mengatur pemain senior seperti Chris Smalling dan Marcos Rojo ketika dibutuhkan.

 

Jika De Gea memang pergi di musim panas, United mungkin mencari di bursa transfer untuk menemukan pengganti jangka pendek. Tetapi ada keyakinan di Old Trafford, setidaknya di benak Mourinho, bahwa Pereira dapat menjadi jawaban masa depan. (AA)