Harapan Hull Ada Di Pundak Marco Silva

BolaSempak – Hull City tampak sudah tidak memiliki harapan untuk selamat dari degradasi saat pelatih Mike Phelan dipecat pada bulan Januari. Phelan, mantan asisten Sir Alex Ferguson di Manchester United hanya mampu membawa Hull meraih tujuh poin dari 18 pertandingan Liga Primer Inggris. Ketika Marco Silva ditunjuk sebagai pelatih baru Hull, publik dan media Inggris dengan cepat melabeli penunjukan tersebut sebagai keputusan yang salah kendati sang pelatih merupakan juara Liga Yunani bersama Olympiakos.

 

Nama Silva memang mungkin asing bagi penikmat sepakbola Inggris, tetapi di negara kelahirannya, Silva yang merupakan orang Portugal ini memiliki reputasi yang cukup baik. Ia sempat membawa Sporting Lisbon meraih juara Portuguese Cup di tahun 2015 setelah dipercaya sebagai pelatih akibat prestasinya di klub kecil, Estoril. Ia juga membawa Olympiakos jadi juara Liga Yunani. Namun pers Inggris yang dikenal kejam telah melabelinya sebagai ‘pelatih tanggung’ tanpa melihat aksinya memimpin tim secara langsung.

 

Bahkan pemilik klub pun seperti tak percaya dengan kemampuan Silva, terbukti dari kontrak yang hanya berdurasi enam bulan yang ditawarkan kepada Silva. Keluarga Allam selaku pemilik Hull boleh jadi baru menyadari bahwa betapa salah keputusan mereka tersebut selepas Silva memimpin anak-anak asuhnya mengalahkan Liverpool dengan skor 2-0 di ajang Liga Primer pekan lalu.

 

Silva baru menangani Hull dalam empat pertandingan Liga Primer. Ia meraih tujuh poin dari empat laga tersebut. Hebatnya, tiga dari empat laga tersebut adalah melawan Manchester United, Liverpool, dan pemuncak klasemen Chelsea. Ia memang gagal membawa Hull menembus final EFL Cup, tetapi lawan mereka di semifinal adalah MU, dan Hull sendiri menang di leg kedua dan hanya kalah agregat.

 

The Tigers kini hanya berada satu poin dari zona aman. Ia melakukan hal tersebut tanpa dua pemain kunci, Jake Livermore dan Robert Snodgrass yang dijual bulan lalu. Sejumlah transfer cerdas ia lakukan, yaitu peminjaman Andrea Ranocchia dari Inter Milan dan Lazar Markovic dari Liverpool. Para pendukung Hull mulai kembali berharap. Dan harapan tersebut mereka letakkan di pundak Marco Silva.