Guardiola: Semoga United Menang Europa League

BolaSempak – Pep Guardiola menyatakan kalau ia berharap rival lamanya, Jose Mourinho mampu memenangi Europa League bersama Manchester United.

 

City mempertegas posisi mereka di posisi empat besar dengan kemenangan besar 5-0 atas Cystal Palace di Etihad Stadium pada hari Sabtu dengan gol yang dicetak oleh David Silva, Vincent Kompany, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling dan Nicolas Otamendi membuat mereka kian kuat di peringkat empat. City bermain sebelum Liverpool dan United, dan hasil kedua klub tersebut membuat posisi City kian baik.

 

Liverpool sempat digeser City di peringkat ketiga, tetapi hasil imbang melawan Southampton membuat mereka kembali ke peringkat ketiga dengan keunggulan satu poin, tetapi City memainkan satu laga lebih sedikit. Sedangkan kekalahan Manchester United dari Arsenal membuat tim asuhan Jose Mourinho kini tertinggal empat poin dari City.

 

Peluang terbaik United untuk lolos ke Liga Champions musim depan kini adalah ajang Europa League, dimana mereka akan melakoni partai semifinal leg kedua melawan Celta Vigo di Old Trafford dengan keunggulan agregat 1-0. Tendangan bebas Marcus Rashford membuat mereka meraih kemenangan tipis di Spanyol. Guardiola mungkin memiliki alasan egois agar menginginkan Mourinho memenangi Europa League, tetapi ia juga mengatakan soal keuntungan yang akan didapatkan oleh Liga Primer apabila jumlah peserta Liga Champions bertambah.

 

“Kita memiliki empat tim yang memperebutkan dua tempat. Semoga United bisa fokus ke Europa League dan musim depan kita bisa melihat lima tim Inggris di Liga Champions yang akan sangat luar biasa,” tukas Guardiola.

 

Guardiola telah sering menyuarakan ketidakpuasannya terhadap timnya yang seringkali gagal memanfaatkan peluang yang mereka dapatkan dari tujuh hasil imbang di kandang musim ini. Hal tersebut menjadi sebagian alasan ia tidak akan memenangi gelar apapun dalam satu musim selama berkarir sebagai pelatih.

 

“Tottenham adalah tim satu-satunya yang saya rasa menciptakan lebih banyak peluang dari kami dalam satu pertandingan. Kami adalah tim terbaik di liga dalam menciptakan peluang, tidak ada keraguan. Masalah kami adalah menyelesaikan peluang ini, itu adalah hal paling sulit di sepakbola. Melawan United, kami menciptakan 19 peluang, tapi tidak mencetak gol.” (AA)