Dua Gol Benteke Benamkan Liverpool

BolaSempak – Christian Benteke kembali untuk menghantui Liverpool saat menorehkan dua gol yang membawa Crystal Palace memperbesar peluang menghindar dari jerat degradasi dengan kemenangan 2-1 di stadion Anfield pada partai lanjutan Liga Primer Inggris.

 

Anak-anak asuh Sam Allardyce tampak berada dalam masalah besar di bulan Februari, tetapi kemenangan penting di Merseyside ini, ditambah dengan kemenangan impresif lainnya menghadapi tim seperti Chelsea dan Arsenal membawa mereka kini berjarak tujuh poin dari posisi tiga terbawah.

 

Liverpool tidak tampil dalam performa terbaik mereka sepanjang laga, dan membutuhkan aksi individual yang brilian dari Philippe Coutinho untuk membawa mereka membuka skor, namun kebiasaan Benteke mencetak gol melawan mantan klubnya tersebut membuat tuan rumah bertekuk lutut dan tidak memperoleh poin sama sekali setelah mantan penyerang Aston Villa tersebut mencetak dua gol.

 

Berstatus sebagai tuan rumah, Liverpool berusaha menguasai jalannya laga sejak awal pertandingan, tetapi mereka kesulitan membuat peluang karena pertahanan rapat dari Crystal Palace. Justru tim tamu yang mendapatkan peluang pertama di menit ke-21 melalui sepakan jarak jauh Benteke.

 

Sebuah momen keajaiban dari Coutinho di menit ke-24 membuka keunggulan bagi tim tuan rumah. Tendangan bebas pemain asal Brazil tersebut dari jarak sekitar 30 yard tidak mampu diantisipasi oleh Wayne Hennessey dan menghujam ke sisi kiri gawang. 1-0 Liverpool memimpin.

 

Emre Can seharusnya mampu menggandakan keunggulan The Reds, tetapi sepakannya yang telah berdiri bebas setelah menerima umpan dari Georginio Wijnaldum di kotak pinalti sama sekali tidak mengarah ke gawang dan malah membentur tiang bendera di sudut.

 

Kegagalan Can harus dibayar mahal karena Benteke membawa Crystal Palace menyamakan kedudukan. Umpan matang Yohan Cabaye diselesaikan oleh penyerang asal Belgia tersebut dengan dingin. Skor 1-1 menjadi penutup babak pertama.

 

Di babak kedua, Liverpool mencoba untuk meningkatkan intensitas permainan. Coutinho benar-benar menjadi motor serangan tim dan hampir seorang diri memporak-porandakan pertahanan tim tamu. Sepakannya di awal babak kedua diblok oleh James Tomkins, sementara sundulannya di menit ke-56 dimentahkan oleh Hennessey.

 

Ketidakberuntungan Coutinho dimanfaatkan dengan baik oleh Palace, dan Benteke menjadi pemain yang memastikan kalau Liverpool akan menyesali kegagalan mereka menyelesaikan peluang. Umpan dari Jason Puncheon disambut oleh Benteke dengan sebuah diving header yang gagal dibendung oleh Simon Mignolet.

 

Kekalahan ini membuat keunggulan Liverpool atas Manchester United di papan klasemen menjadi hanya tiga poin menyusul kemenangan rival mereka tersebut atas Burnley. Namun The Red Devils masih memiliki dua laga sisa, yang apabila dimenangkan keduanya berpotensi menendang Liverpool keluar dari empat besar. (AA)