Dipuji Sang Manajer, Dembele Merendah

bolasempak.com Gelandang Tottenham Hotspur, Mousa Dembele, tidak memperdulikan pujian sebagai “pesepakbola jenius” oleh Mauricio Pochettino.

 

Manajer berkebangsaan Argentina itu membandingkan pemain berusia 30 tahun tersebut dengan Diego Maradona, Jay-Jay Okocha dan Ronaldinho, dimana Dembele menjadi bintang dalam kemenangan atas Manchester United, Liverpool dan Arsenal, serta dalam hasil imbang 2-2 melawan Juventus di Liga Champions.

 

Mantan striker Spurs, Les Ferdinand, mengatakan kepada Omnisport bahwa Dembele seharusnya lebih maju dibandingkan saat ini dan pindah ke Real Madrid untuk bergabung dengan Gareth Bale.

 

Tapi meski Dembele menjadi berita utama untuk penampilannya yang menghasilkan rekor tak terkalahkan dalam 14 pertandingan timnya di semua kompetisi, pemain internasional Belgia ini mengaku hanya ingin fokus pada permainannya.

 

“Semua orang ingin dihargai dan jika manajer yang mengatakanya (memuji), maka itu bagus,” kata Dembele kepada Sky Sports (25/2/2018) menjelang perjalanan hari Minggu ke Crystal Palace.

 

“Tapi yang paling penting bagi saya adalah tidak fokus pada apa yang dikatakan, tapi tetap fokus pada apa yang akan kami lakukan. Saya pikir sebagai tim adalah harus bermain sebaik mungkin sehingga memudahkan saya melakukan apa yang harus saya lakukan.

 

“Saya ingin menguasai bola sebanyak mungkin. Saya ingin bermain aktif dan melewati penjagaan pemain lawan, tapi itu tergantung pada jenis permainan dan cara bermain kami, saya harus menyesuaikannya.

 

“Terkadang ada lebih banyak ruang sehingga lebih baik menggiring bola dan menarik pemain lawan, tapi terkadang Anda harus tetap sederhana dan menggunakan taktik yang berbeda untuk memecahkan masalah.

 

“Selalu sulit untuk memecahkan batasan ketika ada begitu banyak pemain di depan Anda. Kami memiliki banyak pemain kreatif tetapi pada dasarnya sulit ketika tim lain punya cara jitu untuk menghentikan umpan-umpan pendek.”

 

Meskipun Spurs telah membuat langkah besar di bawah kepelatihan Pochettino, klub London itu masih belum memenangkan apapun sejak gelar Piala EFL pada tahun 2008.

 

Tapi Dembele – yang bergabung dari Fulham pada tahun 2012 – percaya bahwa kemajuan yang diraih oleh Spurs mengindikasikan bahwa segala proses sejauh ini dalam jalur yang benar.

 

“Dia telah mengubah mentalitas klub dan cara yang dipikirkan setiap orang, bagaimana mengupayakan kesempurnaan,” kata Dembele terkait Pochettino. “Cara kami berlatih setiap hari, Anda bisa melihat tim ini ingin meraih sesuatu.

 

“Anda juga bisa melihat hal itu di lapangan, jika kami fokus dan siap mental maka kami bisa bersikap baik terhadap tim manapun.

 

“Kami adalah tim yang berpikiran positif, secara pribadi saya tidak mencoba untuk fokus sendirian. Jika Anda memikirkan Liga Champions maka pertandingan berikutnya adalah melawan Juventus. Saya tidak suka berpikir terlalu jauh. Semua orang berbeda, beberapa pemain perlu melihat ke depan untuk motivasi.

 

“Butuh energi jika saya mencoba memikirkan terlalu banyak tentang segala hal dan mencoba memilah-milah semua hal di kepala saya sehingga saya ingin menyimpannya untuk pertandingan berikutnya. Kami akan melihat di mana tim ini berakhir.”