David Moyes Mengundurkan Diri Dari Sunderland

BolaSempak – David Moyes telah mengundurkan diri sebagai manajer Sunderland sebagaimana yang telah dikonfirmasi oleh pihak klub.

 

Moyes memberitahu pemiliki klub, Ellis Short mengenai niatannya untuk meninggalkan jabatan dalam sebuah pertemuan di London pada hari Senin, satu hari setelah musim Liga Primer Inggris yang sangat mengecewakan bagi Sunderland berakhir dengan sesuai dengan kekalahan telak di tangan sang juara Chelsea dengan skor 5-1.

 

“Saya mengejar jasa dari David Moyes setelah periode yang cukup panjang sebelum penunjukannya pada musim panas lalu, yang mana membuat pengumuman pengunduran dirinya sulit bagi semua orang. Setelah bekerja tanpa lelah sepanjang musim untuk menghindari degradasi dari Liga Primer, David memilih untuk meninggalkan klub tanpa kompensasi, yang menjadi bukti dari karakternya,” tukas Short pada pernyataan resmi klub.

 

“Pada hari-hari ke depan, kami akan mengambil waktu untuk merefleksikan diri dan kemudian fokus kepada perekrutan pemain dan juga latihan pramusim untuk mempersiapkan diri mengarungi perjuangan kami di divisi Championship. Kami berharap yang terbaik di masa depan bagi David.”

 

Moyes sendii mengatakan rasa terima kasih kepada manajemen, pemain dan juga para fans.

 

“Saya ingin berterima kasih kepada Ellis Short dan manajemen klub yang memberikan saya kesempatan untuk menangani Sunderland dan para fans yang selalu mendukung klub ini dengan sangat luar biasa. Saya mengharapkan yang terbaik bagi para pemain dan juga penerus saya dalam upaya mereka menggapai promosi kembali ke Liga Primer.”

 

Moyes menandatangani kontrak berdurasi empat tahun pada bulan Juli 2016 dengan Short mengakui bahwa ia telah mengejar tanda tangan dari pelatih berkebangsaan Skotlandia tersebut sebelum mengontrak lima pelatih sebelumnya di Stadium of Light.

 

Tetapi pelatih berusia 54 tahun tersebut sangat jarang terlihat cocok melatih klub Wearside ini dengan deklarasi dininya bahwa para penggemar dapat berharap bahwa klub mereka akan bertarung di zona degradasi dengan cepat menguapkan segala harapan di kalangan penggemar menyusul akhir musim yang bagus di musim 2015/2016 di bawah asuhan Sam Allardyce.

 

Kepergian Allardyce untuk menangani tim nasional Inggris, yang berlangsung dengan penuh skandal dan sangat sebentar membuat The Black Cats menunjuk Moyes yang memiliki misi pribadi untuk menghapuskan memori buruk atas masa yang mengecewakan di Manchester United dan Real Sociedad setelah ia membuat namanya dikenal banyak orang bersama Preston North End dan kemudian Everton.

 

Sunderland finis di posisi juru kunci di musim satu-satunya Moyes sebagai pelatih mereka dengan jarak 16 poin dari zona aman dan akan memasuki divisi Championship sembari mencari manajer kedelapan mereka dalam enam tahun terakhir. Mantan manajer Leicester City dan Derby County, Nigel Pearson menjadi salah satu nama yang dikaitkan akan menjadi pengganti dari Moyes. (AA)