David Luiz Yang Terlahir Kembali

BolaSempak – David Luiz bukanlah nama pertama yang akan muncul di benak para penggemar sepakbola ketika pertanyaan mengenai siapa sosok bek tengah terbaik di dunia saat ini muncul. Tanyakan saja kepada para pendukung Chelsea. Tidak akan ada yang berani mengatakan bahwa Luiz-lah sosok itu, terlebih setelah periode pertama bek asal Brazil tersebut bersama Chelsea sebelum pindah ke PSG. Meskipun merupakan pemain yang disukai karena memiliki karakter yang menyenangkan, tetapi sudah banyak kesalahan Luiz yang berujung kepada hilangnya poin bagi The Blues.

 

Luiz kini telah kembali ke Chelsea, menjalani masa bakti kedua bersama klub asal London. Permainannya tidak berubah, masih seorang bek offensive yang kerap kehilangan konsentrasi ketika bertahan. Pendukung Chelsea mungkin merasakan bahwa kehadiran Luiz tidak menambah kualitas lini belakang mereka yang harus kehilangan John Terry dan Kurt Zouma akibat cedera. Tetapi semua berubah ketika pelatih Antonio Conte memutuskan untuk mengubah formasi utama menjadi 3-4-3.

 

Statistik mendukung hal tersebut. Dari 19 pertandingan yang sudah dimainkan oleh Luiz di ajang Liga Primer Inggris, ia berhasil membawa Chelsea menang 15 kali dan mencatatkan clean sheet sebanyak 12 kali. Formasi 3-4-3 dapat menutupi segala kelemahan Luiz sebagai bek dan menonjolkan segala kelebihannya dalam menyerang. Terlihat kemiripan antara Luiz dengan Leonardo Bonucci, bek Juventus yang juga dilambungkan namanya oleh Conte saat bermain dengan skema 3 pemain belakang. Keduanya punya kemiripan sebagai bek tengah yang nyaman ketika memegang bola.

 

Performa bek berusia 29 tahun tersebut di musim ini begitu gemilang sampai-sampai Conte dengan berani menyebutnya sebagai bek tengah terbaik di dunia. Kendati sebenarnya bukan merupakan pilihan transfer utama Chelsea, Conte sempat lebih memilih Kostas Manolas, Alessio Romagnoli, atau Kalidou Koulibaly, kini Luiz sedang dalam perjalanan untuk membuktikan anggapan orang bahwa dirinya adalah seorang bek medioker adalah salah. Jika Chelsea terus memainkan skema tiga pemain belakang, boleh jadi pendapat Conte mengenai Luiz benar-benar menjadi kenyataan. (AA)