Chelsea Lebarkan Jarak Di Puncak

BolaSempak – Chelsea memperlebar keunggulan mereka atas Tottenham Hotspur di puncak klasemen Liga Primer Inggris menjadi tujuh poin setelah Diego Costa mengakhir puasa golnya akhir-akhir ini dengan mencetak dua gol untuk membawa kemenangan bagi timnya dengan skor 4-2 atas Southampton.

 

Antonio Conte menyuarakan ketidakpuasan terhadap jadwal pertandingan yang mengharuskan timnya kembali berlaga hanya tiga hari setelah kemenangan atas Spurs di babak semifinal Piala FA dan kendati unggul cepat melalui gol ke-17 Eden Hazard musim ini, tim tamu Southampton memberikan banyak masalah bagi mereka.

 

Pelatih Southampton, Claude Puel membandingkan gelandang Oriol Romeu kepada gelandang Chelsea yang baru saja ditahbiskan sebagai PFA Player of the Year, N’Golo Kante menjelang laga, dan mantan gelandang The Blues ini mencetak penyeimbang di menit ke-25. Laga berjalan seimbang sampai Gary Cahill kembali membawa tuan rumah unggul di menit terakhir babak pertama melalui sundulan kepala.

 

Costa kemudian mengakhir puasa golnya delapan menit memasuki babak kedua. Gol tersebut merupakan golnya yang ke-50 di ajang Liga Primer Inggris dan yang pertama dari delapan laga terakhir. Ia kemudian menjadikan torehan golnya di liga domestik menjadi 20 lewat gol keduanya. Mantan pemain Chelsea lainnya, Ryan Bertrand mencetak gol hiburan bagi The Saints di menit terakhir pertandingan.

 

Menjadi tim yang lebih segar, Southampton mampu mengimbangi Chelsea di babak pertama. Tendangan voli dari Jack Stephens diamankan oleh penjaga gawang Thibaut Courtois, tetapi justru tuan rumah yang membuka skor di menit ke-5. Cesc Fabregas yang dimainkan sejak menit awal berkombinasi dengan Costa untuk membebaskan Hazard yang dengan dingin menaklukkan Fraser Forster.

 

Southampton tetapi tidak patah arang, dan mampu menyamakan kedudukan. Tendangan sudut dari James Ward-Prowse diterima oleh Manolo Gabbiadini, yang kemudian memberikan umpan kepada Romeu yang menyamakan kedudukan melawan mantan klubnya tersebut. Laga kemudian berjalan seru karena kedua tim saling bergantian menyerang, tetapi sundulan Cahill memanfaatkan umpan silang Marcos Alonso menjadi babak pertama berakhir dengan skor 2-1.

 

Southampton bernafsu untuk kembali menyamakan kedudukan di babak kedua, tetapi ketangguhan fisik seorang Costa membuat Chelsea yang kembali menciptakan gol. Umpan lambung Fabregas ke tiang jauh disambut Costa yang mengalahkan Bertrand dalam duel bola udara.

 

Southampton balik mengancam melalui peluang Gabbiadini dan Maya Yoshida berkat pertahanan buruk Chelsea yang membuat Conte tampak geram di pinggir lapangan, tetapi Costa memastikan tiga poin berada dalam genggaman tuan rumah setelah berkombinasi dengan Hazard dan pemain pengganti Pedro Rodriguez. Bertrand kemudian mencetak gol hiburan memanfaatkan umpan silang Cedric Soares. (AA)