Chamberlain: Saya Banyak Belajar Dari Alves

BolaSempak – Alex Oxlade-Chamberlain mengaku mengambil contoh dari Dan Alves sejak berganti peran menjadi seorang wing back bagi Arsenal. Chamberlain digeser untuk mengisi posisi di sisi kanan sejak Arsene Wenger mengubah formasi tim menjadi formasi 3-4-3 bulan lalu dan berhasil membuat tim menjalani rangkaian performa yang impresif.

 

Pemain tim nasional Inggris ini memberikan assist untuk gol penyeimbang Nacho Monreal dalam kemenangan 2-1 di semifinal FA Cup atas Manchester City tetapi peluangnya untuk mengambil bagian di partai final diragukan karena menderita cedera harmstring dua pekan lalu saat bertandang ke Southampton.

 

Tetapi pemain berusia 23 tahun ini, yang tidak dimainkan ketika Arsenal menjuarai kompetisi yang sama pada tahun 2014 dan hanya dimainkan sebagai kameo di akhir laga 12 bulan setelahnya di Wembley, mengonfirmasi kalau ia sudah fit untuk menghadapi Chelsea dalam laga hari Sabtu dan telah mempelajari satu dari pemain terbaik di era modern di posisinya.

 

“Ketika saya menonton tim-tim yang bermain dengan lima bek dan wing back, saya melihat posisi awal mereka dan posisi ketika tidak memegang bola karena hal itu agak tidak natural bagi saya. Saya mempelajari ketika mereka bermain. Tottenham bermain dengan formasi tersebut, Chelsea bermain dengan formasi itu. Ada banyak tim yang bermain dengan formasi tersebut jadi saya menonton semua bek saya di kiri maupun di kanan,” tukas Chamberlain.

 

“Ketika saya menonton Dani Alves akhir-akhir ini, ia mungkin tidak bermain dengan formasi lima pemain belakang, tetapi caranya bermain, ia membantu serangan ke depan dan memberikan banyak hal positif dalam menyerang maupun bertahan. Anda menonton dan dapat belajar banyak dari pemain seperti itu.”

 

Chamberlain kemudian akan menunggu apakah ia akan dimainkan dibandingkan Hector Bellerin, yang tampil impresif saat dirinya absen dan mencetak sebuah gol yang langka dalam kemenangan 3-1 melawan Everton di laga terakhir Liga Primer Inggris.

 

“Menurut saya Hector lebih cocok dan lebih natural sebagai full back kanan, tetapi sejak situasi dimana kami bermain dengan wing back datang, hal itu diserahkan kepada saya. Kami berdua mampu memainkan formasi ini. Waktu yang buruk bagi saya untuk mendapatkan cedera tetapi sejak itu Hector bermain dengan sangat baik. Kami tahu ia lebih dari mampu tampil di posisi tersebut.” (AA)