Brighton VS Newcastle, Duel Dua Penguasa Championship

BolaSempak – Berlaga di kompetisi Liga Primer Inggris tentu menjadi sebuah keinginan dari setiap klub yang ada di tanah Inggris. Bagi klub-klub yang sudah berlaga di kasta teratas sepakbola Inggris tersebut, mempertahankan posisi menjadi harga mati. Bagi klub-klub di divisi yang lebih rendah, tidak ada jalur instan. Mereka harus menapak selangkah demi selangkah. Ketika mereka sudah berada di divisi Championship, barulah mereka boleh bicara mengenai menembus Liga Primer Inggris. Itupun dengan catatan, mereka minimal berada di posisi enam besar.

 

Dari enam klub yang finis di peringkat teratas klasemen Championship pada akhir musim nanti, peringkat tiga sampai enam akan menjalani babak playoff, sementara sang kampiun dan runner-up akan langsung dipastikan promosi ke Liga Primer. Dan saat ini, dua tim yang paling dekat dengan status promosi langsung tersebut adalah Brighton and Hove Albion dan Newcastle United. Kedua tim saat ini memimpin klasemen; Brighton di peringkat pertama dengan keunggulan 1 poin atas sang rival.

 

Kedua klub memisahkan diri mereka dari kelompok pengejar dari hampir seluruh aspek. Brighton dan Newcastle memiliki lebih banyak kemenangan, kekalahan yang lebih sedikit, kebobolan lebih sedikit dan mencetak gol lebih banyak dari hampir seluruh klub di divisi. Dan kini, mereka akan saling berhadapan di matchday 34.

 

Newcastle United akan bertandang ke The Amex, dimana mereka akan ditunggu oleh Brighton yang diasuh oleh Chris Hughton. Newcastle yang musim lalu masih berstatus sebagai klub Liga Primer menginginkan takhta puncak klasemen menjadi milik mereka. The Magpies memimpin klasemen Championship selama berpekan-pekan, sebelum hasil imbang 2-2 dengan Bristol City membuat Brighton mencuri posisi peringkat pertama berkat kemenangan 3-0 atas Reading.

 

Pertandingan akan berlangsung super ketat dan menarik. Newcastle adalah tim dengan form tandang terbaik di divisi, dan mereka akan bertandang ke markas Brighton, tim dengan form kandang terbaik. Kedua pelatih, Rafael Benitez dan Hughton akan diuji kebolehannya dalam mempersiapkan tim. (AA)