Tite: Neymar Saingi Messi dan Ronaldo Untuk Ballon d’Or

BolaSempak Neymar bisa menjadi sebaik Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dan bertarung dengan keduanya untuk mendapatkan Ballon d’Or, menurut Tite yang merupakan pelatih tim nasional Brasil.

 

Mantan striker Barcelona itu kembali masuk ke skuad Brasil untuk menghadapi Ekuador dan Kolombia, meskipun mereka telah memastikan lolos dari kualifikasi Piala Dunia, dengan rekan satu timnya di PSG yaitu Dani Alves, Thiago Silva dan Marquinhos juga melangkah kembali ke tim nasional.

 

Sebuah keinginan untuk keluar dari bayangan Messi telah banyak dikutip sebagai salah satu alasan utama Neymar untuk memecahkan rekor transfer dunia dari Camp Nou ke  PSG seharga € 222 juta.

 

Dan Tite telah mendukung pemain bintang Brasil itu untuk berkembang menjadi pesaing reguler di ajang Ballon d’Or, sebuah kehormatan yang harus dimenangkannya setelah berada di posisi ketiga di belakang Ronaldo dan Messi pada tahun 2015.

 

“Ada tiga pemain yang memperebutkan posisi itu: Cristiano, Messi dan Neymar,” kata Tite. “Cristiano dan Messi berasal dari generasi yang berbeda, dan Neymar akan sampai di sana. Itu tergantung pada penampilannya, bukan apakah dia bermain dengan Messi.

 

“Intinya adalah dia suka bermain sepakbola, yang penting adalah dia baik dan beradaptasi di klub barunya. Nilai dan uang tidak mengubah apapun. Dia pergi ke klub lain, seperti yang dia katakan, untuk mencari perspektif baru.”

 

Formasi khas PSG serupa dengan apa yang biasa digunakan Neymar di Barcelona dan ini akan membantu pemain berusia 25 tahun itu untuk beradaptasi lebih cepat di klub barunya, tambah pelatih tim nasional tersebut.

 

“Formasi taktis yang digunakan Paris sangat mirip dengan Barcelona, yaitu 4-3-3,” kata Tite. “PSG menggunakan dua sisi depan dengan poros, sehingga memiliki desain yang sama.

 

“Itu hanya mengubah karakteristik pemain yang akan bermain di samping Neymar. Tapi pada dasarnya, dia bisa bermain dengan siapapun atau bahkan bisa dipindah ke tengah jika dibutuhkan.”