Southgate: Tidak Ada Masalah Dengan Hart

BolaSempak – Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate menyatakan bahwa tidak ada masalah dengan kemampuan penjaga gawang Joe Hart dalam menguasai bola di kakinya dan merasa ia telah membuktikannya di Italia pada musim lalu.

 

Hart ‘dibuang’ dari Manchester City menyusul kedatangan manajer Pep Guardiola di musim panas tahun lalu. Ia kemudian bergabung dengan klub Serie A Italia, Torino sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim karena pelatih asal Catalan tersebut menginginkan penjaga gawang yang nyaman ketika menguasai bola.

 

Selama berada di Italia, Hart kebobolan sebanyak 58 gol, dengan hanya penjaga gawang Pescara, Albano Bizzarri yang kebobolan lebih banyak dalam periode waktu yang sama.

 

Urbano Cairo, presiden dari Torino kemudian mengatakan kepada para wartawan bahwa ia tidak mengira bahwa Hart akan membuat begitu banyak kesalahan, tetapi Southgate menggambarkan dampak yang diberikan oleh penjaga gawang berusia 30 tahun tersebut kepada The Three Lions sebagai sesuatu yang sangat besar.

 

“Saya membaca komentar dari presiden klub, tetapi sejujurnya hal tersebut bisa jadi berkaitan dengan fakta bahwa mereka tahu mereka tidak dapat mempertahankannya. Bagi saya, hal itu sangat positif. Ia harus membuat keputusan cepat mengenai dimana ia bermain dan ia melihat liga yang lain. Dari sudut pandang kami, ia sempat diminta untuk bermain dari belakang yang mana saya rasa ia melakukannya dengan sangat baik,” tukas Southgate.

 

“Dampaknya bagi kami sangat sempurna. Dan ia menyadari bahwa ia kehilangan sesuatu musim ini dari segi level permainan dan lingkungan yang sebelumnya ia dapatkan. Ia adalah pemain yang ingin menjadi yang terbaik yang mungkin ia bisa dan ia sangat kritis pada diri sendiri.”

 

“Tetapi ia memiliki dorongan untuk menjadi seorang pemain top. Akan menarik melihat apa yang akan terjadi kepadanya di musim panas nanti. Ia telah diminta untuk bermain dengan kakinya pada musim ini. Mereka bermain dalam beberapa area yang cukup ketat.”

 

Masa depan Hart saat ini masih tidak jelas, dengan City hampir dipastikan akan mengunci kedatangan penjaga gawang Benfica, Ederson untuk menyaingi Claudio Bravo di bawah mistar Etihad Stadium. (AA)