Santos: “Cristiano Ronaldo Akan Siap Untuk Portugal”

Cristiano Ronaldo, Fernando Santos

bolasempak.com Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, akan berada di starting XI untuk pertandingan pertama Piala Dunia, menurut pelatih Fernando Santos.

 

Ronaldo hanya menjadi penonton dari pinggir lapangan menyusul kemenangan Liga Champions bersama klubnya bulan lalu, lima kali pemenang Ballon d’Or itu pun absen untuk pertandingan persahabatan melawan Tunisia dan Belgia.

 

Namun, pemain berusia 33 tahun ini diyakini siap ketika sang jawara Euro Eropa memulai Piala Dunia, bahkan bermain sejak awal dalam laga persahabatan melawan Aljazair dini hari tadi.

 

“Cristiano akan menjadi harapan tim ini,” Santos mengatakan kepada wartawan, dikutip Sky Sports (8/6/2018). “Kami telah mencoba melanjutkan evolusi tim, dengan menganalisis tiga pertandingan terakhir dan mencoba untuk memperbaiki beberapa hal karena setelah ini kami memiliki pertandingan pertama melawan Spanyol, jadi penting bahwa tim dapat belajar dari pertandingan ini dan dari pertandingan terakhir juga.”

 

Terkait Ronaldo – pemain dan pencetak rekor penampilan bersama Portugal – Santos menambahkan: “Setiap tim yang memiliki pemain terbaik di dunia, jadi ia harus memiliki pengaruh.

 

“Di tim manapun di dunia, untuk skuad nasional atau klub mana pun, Cristiano Ronaldo akan selalu sangat penting bagi timnya.”

 

Portugal akan menghadapi Spanyol (15 Juni), Maroko (19 Juni) dan Iran (25 Juni) di Grup B di Piala Dunia pekan depan.

 

Santos juga mengatakan ia masih memiliki keraguan atas susunan tetap pemainnya menjelang turnamen.

 

“Saya masih memiliki banyak keraguan, ada 23 pemain tetapi saya memiliki kepercayaan penuh pada mereka semua,” jelasnya. “Pertandingan melawan Spanyol akan berlangsung selama satu minggu, kami akan melihat bagaimana sesi latihan berlangsung dan bagaimana para pemain melakukannya.

 

“Saya akan memutuskan pada waktu yang tepat, kesimpulan itu tidak dapat diambil dengan sesi pelatihan yang akan datang dan setiap hal yang dapat terjadi. Tentu saja ada dasar tentang pemain yang lebih atau kurang didefinisikan, tetapi saya memiliki kepercayaan penuh pada 23 pemain saya dan itulah hal yang paling penting.

 

“Saya juga optimis tim ini akan kompak untuk menghadapi pertandingan besar, dengan semua pemain berpengalaman dan menjadi andalan di masing-masing klub.”