Santos Bela Sukses Portugal

BolaSempak – Fernando Santos menolak anggapan bahwa Portugal tidak layak menjadi juara Eropa karena tidak mendapatkan kemenangan yang cukup dalam kurun waktu 90 menit sepanjang Euro 2016.

 

Pasukan Santos bermain imbang dalam seluruh tiga laga mereka di fase grup menghadapi Islandia, Austria dan Hongaria sebelum mengalahkan Kroasia di babak perpanjangan waktu di perdelapan-final dan menyingkirkan Polandia di babak perempat-final melalui adu tendangan pinalti.

 

Gol dari Nani dan Cristiano Ronaldo memastikan Portugal mengalahkan Wales di babak semifinal dengan skor 2-0 di Lyon, sebelum bermain tanpa gol di partai final melawan tuan rumah Perancis di waktu normal, membuat laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu dimana Eder tampil sebagai pahlawan.

 

Dilihat dari pertandingan per pertandingan, Portugal sudah tampil lebih baik di ajang Piala Konfederasi, dimana kemenangan 1-0 atas Rusia di Moscow membawa mereka meraih empat poin dari 2 pertandingan di Grup A.

 

Berbicara kepada wartawan jelang laga menghadap Selandia Baru di St Petersburg, Santos menjawab pertanyaan dari seorang jurnalis asal Brazil yang menanyakan apakah timnya saat ini lebih enak untuk ditonton dibandingkan dengan sebelumnya.

 

“Portugal selalu tampil dengan baik. Jika tidak, maka kami tidak akan menjadi juara Eropa. Saya mengerti pertanyaan Anda,” jawab Santos.

 

“Saya mendengar kalau Portugal hanya menang satu kali dalam waktu 90 menit di Euro 2016, tetapi hal itu tidak benar. Tidak ada tim yang bisa menjadi juara Eropa jika Anda tidak menang di empat laga. Mungkin tiga laga di fase grup tidak kami menangkan, tetapi dari saat itu, jika Anda tidak menang maka Anda akan kalah dan tersingkir.”

 

“Jadi, Portugal memenangkan empat laga, jangan lupakan hal itu. Saya rasa interpretasi Anda tidak masuk akal. Pertandingan yang memiliki kemungkinan 120 menit, itu berbeda dari pertandingan yang hanya 90 menit. Kita membicarakan hal yang berbeda.”

 

“Jadi mari melihat fakta bahwa kami memenangkan empat laga, walau saya paham sudut pandang Anda. Portugal sangat disiapkan dengan baik. Terbukti, kami memainkan tiga laga dengan periode perpanjangan waktu dan kami selalu menang.”

 

Portugal menjadi favorit untuk memenangkan laga beruntun di hari Sabtu nanti dan melaju sebagai juara grup, tetapi Santos merasa terkesan dengan kerja keras dari tim yang tidak diperhitungkan di turnamen ini, yakni Selandia Baru yang akan menjadi lawan mereka, dimana All Whites membuat Meksiko berjuang keras walau akhirnya harus kalah 2-1.

 

“Selandia Baru selalu merupakan tim yang bermain dengan gigih dan berjuang dengan baik. Mereka memiliki pemain berkualitas bagus yang bermain di Inggris. Mereka juga memiliki pelatih yang bagus,” tukas pelatih berusia 62 tahun tersebut.

 

“Di lapangan, mereka menunjukkan kekuatan tersebut dan juga kualitas yang baik dalam melakukan transisi dan serangan balik. Mereka membuat laga berjalan sulit bagi Meksiko, dan hasil pertandingan kemarin bisa sangat berbeda bagi Meksiko karena kualitas dari Selandia Baru.”

 

“Kami harus tetap siapa ketika menghadapi Selandia Baru karena mereka menunjukkan mereka mampu membuat kejuta. Saya harap kami tidak akan dikejutkan, tetapi kami harus bermain dengan sepenuh hati ketika menghadapi Selandia Baru nanti.” (AA)