Ronaldo dan Impian di Piala Dunia Yang Memudar Dimakan Usia

bolasempak.com Cristiano Ronaldo merayakan ulang tahunnya yang ke-33 pada hari Senin dengan hanya satu hal yang belum didapatkannya – Piala Dunia.

 

Memenangkan tiga gelar Premier League bersama Manchester United dan dua gelar La Liga bersama Real Madrid, Ronaldo juga memiliki empat gelar Liga Champions dan bahkan meraih lima Ballon d’Or.

 

Di Euro 2016, Ronaldo akhirnya mencicipi kesuksesan internasional bersama tim nasional Portugal, meski cedera membuatnya ditarik keluar di babak pertama melawan Prancis di Paris.

 

Final Piala Dunia di Moskow pada 15 Juli mendatang juga merupakan kesempatan besar untuk Ronaldo tampil di final kompetisi terbesar sepakbola, namun peluang tersebut mungkin tidak akan mudah.

 

Dalam 20 edisi turnamen sebelumnya, hanya satu pemain yang lebih tua dari Ronaldo yang mencapai babak final dan memenangkan trofi bergengsi tersebut, dan berikut adalah para pelaku sepakbola (khususnya striker) yang mencapai final dan memenangkan Piala Dunia.

 

 

Miroslav Klose | Jerman 1-0 Argentina, 2014 | Usia: 36 tahun

Tidak diragukan lagi, Klose merayakan ulang tahunnya yang ke-36 sebulan sebelum memimpin lini serang Jerman melawan Argentina di Maracana di Rio de Janeiro pada 2014 lalu. Striker itu ditarik keluar lapangan pada menit ke-88 untuk Mario Gotze, yang mencetak gol kemenangan di perpanjangan waktu.

 

Rivaldo | Brasil 2-0 Jerman, 2002 | Usia: 30 tahun

Ronaldo dikenang sebagai pahlawan Selecao di Jepang dan Korea Selatan pada tahun 2002, membalas kekalahan timnya dari Prancis empat tahun sebelumnya dengan mencetak dua gol di final dan mengklaim Golden Boot.

 

Bebeto | Brasil 0-0 Italia (penalti 3-2), 1994 | Usia: 30 tahun

Striker yang ketika itu berseragam Deportivo La Coruna dan bermain bersama Romario untuk Brasil di final tahun 1994 di Pasadena, Bebeto tidak mencetak gol atau mendapat penalti, namun kemenangan itu didapat dari eksekusi Roberto Baggio yang memutuskan harapan.

 

Rudi Voller | Jerman Barat 1-0 Argentina, 1990 | Usia: 30 tahun

Jurgen Klinsmann yang berusia 25 tahun berduet dengan Rudi Voller saat tim asuhan Franz Beckenbauer berhadapan dengan Diego Maradona dkk di Roma. Akhirnya tidak ada striker yang mencetak gol sampai akhirnya Andreas Brehme memenangkan penalti di menit ke-85.

 

Jorge Valdano | Argentina 3-2 Jerman Barat, 1986 | Usia: 30 tahun

Jorge Valdano yang membela Real Madrid menjadi starter pada usia 30 tahun dan mencetak gol bersama dengan Jose Luis Brown dan Jorge Burruchaga, saat La Albiceleste mengalahkan tim asuhan Beckenbauer 3-2 di Mexico City.

 

Ottmar Walter | Jerman Barat 3-2 Hungaria, 1954 | Usia: 30 tahun

Sebuah produk dari akademi Kaiserslautern, Walter membuat debut seniornya pada tahun 1941 dan selamat dari wajib militer Perang Dunia II, dan kembali bermain untuk klub tersebut pada tahun 1946. Dia menjadi starter untuk tim Jerman Barat ketika berhadapan dengan Hungaria yang menampilkan Ferenc Puskas, Nandor Hidegkuti dan Sandor Kocsis, dan Walter adalah bagian dari momen yang disebut ‘Keajaiban Bern’.