Review MLS Pekan Pertama

BolaSempak – Kompetisi Major League Soccer di Amerika Serikat telah menggulirkan musim yang baru. Hasil dari pertandingan-pertandingan di minggu pertama telah tersaji. Namun perlu diingat kalau musim MLS adalah musim yang panjang sehingga hasil pekan pertandingan pertama tidak dapat dijadikan patokan. Tim yang tampil baik di laga perdana ini bisa saja malah terseok-seok di papan klasemen akhir musim. Sebaliknya, tim yang mendapatkan hasil kurang memuaskan bisa jadi malah menjadi salah satu klub papan atas.

 

Tetapi rasanya tidak ada alasan bagi para penonton untuk mengira bahwa juara bertahan Portland Timbers akan menjalani musim yang mengecewakan. Portland membuka kampanye mereka di musim yang baru dengan kemenangan 2-1 di kandang sendiri. Hasil bertolak belakang didapatkan oleh Seattle Sounders yang harus bertekuk lutut kepada Sporting Kansas City di kandang sendiri. Para pendukung yang memadati stadion Century Link Field tampaknya merasa bahwa musim ini belum akan menjadi musim dimana klub kesayangan mereka menggondol MLS Cup.

 

Terkait dari hasil pengamatan yang masih terlalu prematur, tetapi ada sebagian hasil di pekan pembuka MLS musim 2017 yang dapat dikategorikan sebagai tanda yang baik, atau juga tanda yang buruk. Bagi Houston Dynamo, kemenangan di partai pembuka pada hari Sabtu merupakan sebuah angin segar bagi tim yang perkembangannya terasa stagnan selama beberapa tahun terakhir. Sementara bagi New York Red Bulls, kemenangan comeback dramatis yang mereka lakukan sangatlah krusial untuk membuang kekecewaan dari dua kekalahan beruntun di ajang Liga Champions CONCACAF yang membuat mereka tersingkir dari ajang tersebut.

 

Kemudian ada Atlanta United yang menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu tim paling atraktif di MLS tahun ini kendati menelan kekalahan dari New York Red Bulls. Anak-anak asuh Gerardo Martino yang merupakan tim baru di MLS mampu tampil brilian kendati harus kalah secara menyesakkan. Atlanta menunjukkan potensinya, dan tampak akan terus berkembang. Berbeda dengan Atlanta United, debut Minnesota United di MLS berakhir jauh lebih menyedihkan dengan kekalahan 5-1 atas juara bertahan Portland Timbers. (AA)