Preview Sea Games: Indonesia U-22 vs Malaysia

BolaSempakTimnas Indonesia U-22 yang berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor 2-0 melalui sepakan Ezra Walian dan juga gol jarak jauh Febri,  membuat tim Garuda Muda melaju ke semifinal melawan Malaysia, dimana pada pertandingan lain antara Thailand vs Vietnam, tim Gajah Putih berhasil menang dengan skor 3-0.

 

Indonesia mengakhiri fase grup sebagai runner-up dengan mengumpulkan 11 poin dan menghadapi Malaysia yang sudah memastikan diri menjadi juara grup B di pertandingan sebelumnya.

 

Melihat sejarah rivalitas dua negara serumpun ini, tentunya akan sangat menarik karena bukan hanya faktor olahraga, tapi dari persaingan di berbagai bidang. Selain itu yang menambahkan “rasa panas” untuk pertandingan nanti adalah kenyataan bahwa Sea Games tahun ini berada di Malaysia.

 

Hal diatas tentu menjadi tekanan tersendiri bagi timnas Indonesia yang mencoba mendapatkan medali emas dari cabang olahraga sepakbola, dimana Malaysia jelas diuntungkan dari berbagai faktor termasuk dari para pendukung negara tersebut.

 

Untuk pertandingan ini juga, Garuda Muda mengalami beban yang cukup berat karena kehilangan Marinus Wanewar, Muhammad Hargianto dan Hansamu Yama setelah mendapatkan akumulasi kartu kuning di pertandingan kemarin.

 

Namun tim asuhan Luis Milla juga tidak bisa diremehkan jika menurunkan kombinasi serangan melalui Evan Dimas, Saddil Ramdani, Septian David , Osvaldo Haay,  Febri Hariyadi dan Ezra Wallian yang terlihat efektif di pertandingan terakhir.

 

Di sisi lain, timnas Malaysia bisa bernafas lega karena memiliki skuad yang lengkap tanpa masalah cedera dan akumulasi kartu.

 

Jika dilihat pada pertandingan sebelumnya, Garuda Muda sempat dikalahkan Malaysia di ajang kualifikasi Piala Asia U-23, dimana nama-nama seperti Evan Dimas dan Hansamu Yama Pranata tidak masuk dalam skuad terpilih.

 

Sehingga bisa dipastikan pertandingan yang akan berlangsung pada Sabtu sore pukul 15.00 WIB ini akan berjalan sengit, terutama dengan ambisi masing-masing tim dimana Indonesia ingin mempersembahkan medali emas Sea Games yang terakhir diraih tahun 1991, sedangkan Malaysia akan mencoba mempertahankan gengsi sebagai tuan rumah.

 

Indonesia U-22 (4-2-3-1): Kartika Ajie; Putu Gede, Andy Setyo, Rezaldi Hehanusa, Gavin Kwan; Asnawi Mangkualam, Hanif Sjahbandi; Septian David Maulana, Evan Dimas, Yabes Roni; Ezra Walian.

 

Malaysia : Haziq Nadzli, Matthew Davies, Adib Zainuddin, Safawi Rasid, N. Thanabalan, Muhamad Nor Azam Azih, Adam Nor Azlin, Jafri Firdaus Chew, Syazwan Andik,Syamer Kutty Abba, Irfan Zakaria.