Portugal Sabet Medali Perunggu

BolaSempak – Adrien Silva mencetak gol kemenangan di extra time untuk membawa Portugal membalikkan keadaan dan menaklukkan Meksiko dengan skor 2-1 pada laga perebutan tempat ketiga ajang Piala Konfederasi di Moscow pada hari Minggu.

 

Sang gelandang berhasil memaksimalkan sebuah pinalti setelah Pepe berhasil menyeimbangkan kedudukan di perpanjangan waktu untuk membuat gol bunuh diri dari Luis Neto tidak berakibat fatal.

 

Andre Silva kemudian gagal mencetak gol dari titik putih di babak pertama sebelum Meksiko mencetak gol pembuka mereka dan anak-anak asuh dari Juan Carlos Osorio tampak akan mengakhiri kampanye mereka di Rusia dengan kemenangan sebelum runtuh di menit-menit akhir laga.

 

Pasukan dari Fernando Santos memasuki laga ini setelah menderita kekalahan via adu pinalti dari Chile di babak semifinal, dimana ketiga penendang pinalti mereka gagal membobol gawang yang dikawal oleh Claudio Bravo, dan masalah yang serupa tampak akan kembali muncul di Spartak Stadium.

 

Pemain veteran Rafael Marquez diganjar hukuman pinalti melalui keputusan VAR, tetapi Andre Silva, yang diberikan tanggung jawab sebagai algojo karena absennya Cristiano Ronaldo yang diberikan izin khusus karena kelahiran anak kembarnya, melihat eksekusi pinaltinya mampu diselamatkan dengan gemilang oleh penjaga gawang Guillermo Ochoa.

 

Portugal menjadi tim yang lebih menyerang diantara kedua tim di satu jam pertama pertandingan, tetapi mereka mendapatkan sebuah pukulan yang cukup telak ketika Neto secara tidak sengaja mengubah arah bola hasil umpan silang Javier Hernandez ke dalam gawang sendiri.

 

Pasukan Santos kemudian tampil lebih menekan dan berhasil menyamakan kedudukan di injury time babak kedua, dengan Pepe mencetak gol internasional pertamanya sejak tahun 2012, sebelum Adrien Silva kemudian berhasil dengan tenang menyegel kemenangan dengan kedua tim mengakhiri laga dengan sepuluh pemain karena kartu merah yang diberikan kepada Nelson Semedo dan Raul Jimenez.

 

Kemenangan 2-1 ini membawa Portugal meraih medali perunggu dalam keikutsertaan perdana mereka di turnamen Piala Konfederasi ini. Tentunya Selecao berharap dapat meraih hasil yang lebih memuaskan di Piala Dunia tahun depan. (AA)