Piala Dunia 2026 Bakal Diselenggarakan Oleh Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada

Piala Dunia 2026

bolasempak.com Tawaran gabungan dari asosiasi anggota CONCACAF – Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada – memenangkan pemungutan suara untuk hak penyelenggara Piala Dunia pada tahun 2026 yang akan memiliki 48 tim pada kongres tahunan FIFA ke-68 di Moscow pada Rabu malam, 13 Juni.

 

Tawaran bersama Amerika Utara memenangkan 134 suara (67% suara) dibandingkan dengan penghitungan 65 suara dari negara anggota yang memilih jelang malam pembuka Piala Dunia 2018 antara tuan rumah Rusia dan Arab Saudi.

 

Satu negara anggota memilih abstain dari dua penawaran itu, menurut situs resmi badan federasi.

 

Maroko, yang bergabung dengan hak penawaran, kembali menelan hasil mengecewakan karena itu adalah kelima kalinya mereka gagal mendapat kesempatan setelah kejadian serupa pada tahun 1994, 1998, 2006, dan 2010.

 

Negara bagian Afrika Utara itu menawarkan diri untuk menjadi yang kedua dari benua itu setelah Afrika Selatan pada tahun 2010 menjadi tuan rumah.

 

 

Piala Dunia akan kembali ke AS untuk pertama kalinya sejak 1994

Sementara itu, Piala Dunia akan kembali ke AS untuk pertama kalinya sejak 1994. Meksiko telah menyelenggarakan turnamen tersebut dua kali pada tahun 1970 dan 1986.

 

Ini adalah kedua kalinya tawaran gabungan memenangkan hal sebagai tuan rumah setelah Korea Selatan dan Jepang melakukannya pada edisi 2002.

 

AS, Meksiko dan Kanada dianggap favorit dalam memimpin hingga proses pemungutan suara dilakukan, mengingat soliditas keuangan dan infrastruktur dari tawaran mereka.

 

Inspeksi FIFA dari dua penawaran telah dilakukan dan tawaran Maroko lulus uji tetapi dianggap “berisiko tinggi” di tiga bidang yang berbeda.

 

9 dari 14 stadion yang diajukan oleh negara Afrika Utara belum dibangun sementara hanya dua dari mereka diberi label memiliki “tingkat akomodasi yang memadai”. Transportasi dan akomodasi juga dilihat sebagai salah satu bidang yang berisiko tinggi.

 

Di sisi lain, tawaran Amerika Utara tidak memiliki area berisiko tinggi sementara langkah-langkah risiko menengah masih dibahas.

 

Maroko akhirnya hanya mencetak angka 2,7 dari lima uji coba FIFA sementara tawaran bersama Amerika mencetak 4 angka.

 

Salah satu poin pembicaraan utama dari analisis tawaran bersama adalah peraturan baru pemerintahan Donald Trump, yang bertujuan untuk mengeluarkan larangan perjalanan pada orang-orang dari banyak negara Muslim.

 

Meskipun demikian, Trump telah memberi para pejabat asosiasi Amerika Serikat dengan tiga surat yang ditujukan kepada presiden FIFA Gianni Infantino, menjamin tim asing, pejabat dan penggemar sepakbola yang berkunjung ke AS bebas dari larangan, menurut The New York Times.

 

Khususnya, 60 dari 80 pertandingan telah diusulkan untuk diadakan di AS, dengan final di Stadion MetLife, New York.