Pelatih Argentina Sebut Kritik Terhadap Messi ‘Tidak Adil”

Jorge Sampaoli, Lionel Messi

bolasempak.com Pelatih tim nasional Argentina, Jorge Sampaoli, kembali memuji Lionel Messi sebagai pemain terbaik di dunia dan mengatakan bahwa pemain depan itu menghadapi kritik yang “tidak adil” menyusul kegagalannya dalam mengeksekusi penalti di pertandingan pembuka Piala Dunia melawan Islandia.

 

Eksekusi penalti Messi di babak kedua diselamatkan oleh Hannes Thor Halldorsson saat Argentina ditahan imbang 1-1 di laga pembuka Grup D.

 

Akibatnya, La Albiceleste sekarang mendapat tekanan tambahan jelang pertandingan melawan Kroasia, yang memulai kampanye dengan kemenangan 2-0 atas Nigeria.

 

Sampaoli pun yakin timnya mengatasi masalah awal, dan menegaskan Messi tidak bisa bertanggung jawab atas nasib Argentina di turnamen kali ini.

 

“Kami cukup marah karena tidak menang. Saya pikir kami sudah pulih,” kata Sampaoli dalam konferensi pers di Nizhny Novgorod yang merupakan tempat pertandingan melawan Kroasia, dikutip Eurosport (21/6/2018).

 

“Leo tidak harus memikul semua tanggung jawab. Kami berbicara tentang Piala Dunia yang melibatkan jutaan orang. Kami bisa kehilangan penalti. Kami memiliki seluruh skuad di sini dan kami harus mengikat diri bersama-sama melalui hasil baik dan buruk.

 

“Terkadang, sepakbola memberi Anda kejutan yang tidak menyenangkan ini.”

 

Membahas kritik yang Messi hadapi dalam beberapa hari terakhir, Sampaoli menambahkan: “Itu yang selalu saya katakan, ketika Anda mencetak gol dengan jersey Argentina, kami semua mendapat pujian, tetapi ketika Argentina kalah, itu semua kesalahan Leo. Saya pikir itu perlakuan yang tidak adil.

 

“Memang banyak tekanan pada seorang pemain untuk menanggung semuanya, jadi saya harus mengatakan bahwa saya juga merasa bertanggung jawab karena kehilangan penalti itu dan saya akan merayakan gol Leo seperti pemain Argentina lainnya.

 

“Dia adalah pemain terbaik di dunia dan jelas tidak mungkin seorang pemain mengubah situasi pertandingan sepenuhnya. Dia tidak bisa bertanggung jawab atas kekalahan satu tim.”

 

Banyak yang menyatakan bahwa Messi perlu membawa negaranya memenangkan Piala Dunia untuk dapat disamakan dengan Diego Maradona.

 

Ketika ditanya pendapatnya tentang masalah ini, Sampaoli mengatakan: “Orang-orang suka membandingkan sesuatuuntuk mendefinisikan perbedaan yang harus dilakukan dengan generasi yang berbeda.

 

“Dengan Argentina, Leo hanya kalah 5 atau 6 pertandingan dari 75 atau lebih yang dia telah mainkan, sehingga Leo adalah pilar tim sama seperti Diego pada zamannya.

 

“Setiap orang Argentina bebas memiliki pendapat yang mereka inginkan.”