Pecahkan Rekor, Skuad Manchester City Jadi Yang Termahal Dalam Sejarah Sepakbola

bolasempak.com Manchester City memiliki skuad termahal dalam sejarah sepakbola setelah menghabiskan € 878 juta di bursa transfer, menurut angka-angka yang baru diumumkan.

 

Sebuah tabel yang diterbitkan oleh CIES Football Observatory menunjukkan tim asuhan Pep Guardiola telah menghabiskan lebih banyak uang daripada tim lain di lima liga besar Eropa, setelah mendatangkan Aymeric Laporte yang memecahkan rekor pembelian klub sebesar € 65 juta pada bulan Januari lalu.

 

Investasi klub berjuluk The Citizens itu mengalahkan Paris Saint-Germain yang skuadnya bernilai € 805 juta, lebih dari seperempat jumlah itu dikeluarkan untuk membawa Neymar  dari Barcelona dengan harga € 222 juta pada Agustus tahun lalu.

 

Manchester United berada di urutan ketiga dalam daftar tersebut dengan nilai € 747 juta, unggul atas Barcelona (€ 725 juta), Chelsea (€ 592 juta) dan Real Madrid (€ 497 juta) yang menutup posisi enam besar dengan skuad termahal.

 

Kemudian juga ada enam klub lainnya dari Premier League yang masuk 20 besar, termasuk Liverpool (€ 461 juta), Arsenal (€ 403 juta), Everton (€ 365 juta), Tottenham Hotspur (€ 358 juta), Southampton (€ 229 juta) dan Crystal Palace (€ 225 juta).

 

Memang belanja pemain di papan atas Inggris rata-rata mencapai rekor € 291 juta, jauh di atas L aLiga (€ 131 juta), Serie A (€ 124 juta), Bundesliga (€ 113 juta) dan Ligue 1 (€ 97 juta).

 

Secara total, 42 dari 98 klub telah memecahkan angka € 100 juta dalam biaya perekrutan pemain, sementara Troyes berada di posisi terakhir dengan pengeluaran hanya € 2 juta.

 

CIES Football Observatory adalah kelompok penelitian di Pusat Studi Olahraga Internasional (CIES), sebuah pusat studi independen yang berlokasi di Neuchatel, Swiss.

Catatan di posisi lima besar

Cukup menarik jika melihat posisi lima besar dalam tabel tersebut, dimana ada Chelsea, Barcelona, Manchester United, PSG dan Manchester City.

 

Dimulai dari Chelsea, angka € 592 juta adalah total yang dikeluarkan oleh Abramovic dan pemain termahalnya adalah Alvaro Morata yang dibeli seharga € 66 juta dari Real Madrid.

 

Kemudian ditempat keempat adalah Barcelona yang dalam 15 tahun terakhir membanggakan para pemain dari akademi, tapi perlu diingat setelah era tersebut berakhirm angka pembelian mereka membengkak dari perekrutan Philippe Coutinho (€ 120 juta) dan Ousmane Dembele (€ 105 juta).

 

Ditempat ketika ada The Red Devils yang sering mempromosikan pemain akademi di era Ferguson, tapi setelah itu, ada banyak transfer yang terjadi dengan harga tinggi, entah hasilnya baik atau buruk. Yang tampak berkontribusi dalam angka yang mereka dapatkan adalah perekrutan Paul Pogba (€ 105 juta) dan Romelu Lukaku (€ 87 juta)

 

Ditempat kedua adalah Paris Saint-Germain yang tampaknya tidak suka menawar harga pemain, dan tentu saja yang membuat mereka di posisi ini adalah perekrutan Neymar dari Barcelona sebesar € 222 juta.

 

Dan yang terakhir adalah Manchester City. Cukup wajar jika klub ini memiliki nilai skuad paling mahal karena transformasi sejak tahun 2009 memang diberlakukan. Ditambah lagi Guardiola dimanjakan dengan dana besar untuk membentuk tim impiannya. Sejauh ini, Kevin De Bruyne (€ 76 juta) adalah perekrutan termahal mereka.