Paraguay Akan Bergabung Dengan Argentina-Uruguay Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030 ?

BolaSempakParaguay akan bergabung dengan Argentina dan Uruguay untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

 

Edisi tersebut akan mewakili peringatan 100 tahun kompetisi perdana yang diadakan di Uruguay, dan presiden FIFA Gianni Infantino tahun lalu secara tentatif mendukung negara tersebut akan ditunjuk sebagai tuan rumah bersama Argentina.

 

Pertandingan juga bisa berlangsung di Paraguay setelah presiden negara itu, Horacio Cartes, mengumumkan sebuah kesepakatan telah dicapai dengan rekan-rekannya di dua negara lainnya.

 

“Saya bisa mengkonfirmasi kesepakatan antara presiden Paraguay, Argentina dan Uruguay untuk memperjuangkan hak hosting Piala Dunia 2030,” Cartes mengatakan melalui akun Twitter-nya.

 

Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez, mantan kepala Asosiasi Sepakbola Paraguay (APF) yang pada tahun 2015 meminta FIFA mengizinkan negara asalnya untuk menyediakan setidaknya satu tempat untuk Piala Dunia 2030, kemudian mengumumkan bahwa dia akan bertemu dengan Cartes untuk membahas rencana tersebut.

 

“Pertemuan dengan presiden Horacio Cartes adalah untuk merencanakan Paraguay menjadi sub-situs Piala Dunia 2030 dengan Argentina dan Uruguay,” Dominguez memposting di Twitter.

 

Melihat peristiwa sejauh ini, pihak FIFA yang diwawancarai media beberapa waktu lalu mengatakan: “Jelas ini adalah kesepakatan yang bagus untuk kembali memulai di Amerika Selatan, dimana kompetisi pertama digelar dan akan ada suatu penghormatan untuk para pemenang.

 

“Uruguay adalah negara yang indah, bersama Argentina yang memiliki banyak mantan pesepakbola yang berkontribusi besar, dan Paraguay bisa menjadi penambahan yang layak.

 

”Seperti ketentuan sebelumnya, memang Piala Dunia akna digelar secara bergantian. Jadi tahun 2030 adalah waktu yang tepat untuk menyelenggarakannya di sana (Uruguay).”

 

Paraguay tidak pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia, sementara Argentina melakukannya pada tahun 1978 ketika negara tersebut memenangkan gelar pertama dari dua yang diraih.