Low Kritik MU Soal Schweinsteiger

BolaSempak – Bastian Schweinsteiger akhirnya resmi meninggalkan Manchester United setelah satu setengah musim lebih berada di Old Trafford. Masa bakti Schweinsteiger di MU tidak bisa dibilang sebagai sesuatu yang sukses kendati sang gelandang ikut menyumbangkan satu buah trofi FA Cup di musim lalu. Terkait hal ini, pelatih tim nasional Jerman, Joachim Low melayangkan kritikan buat raksasa Inggris tersebut terkait penanganan mereka terhadap Schweinsteiger.

 

Low menganggap kalau Schweinsteiger seharusnya dapat memberikan kontribusi lebih kepada MU andai ia ditangani dengan lebih efektif. Pelatih yang membawa Jerman memenangi Piala Dunia 2014 ini mengatakan bahwa ada beberapa pertandingan MU dimana ia melihat bahwa klub asuhan Jose Mourinho tersebut membutuhkan seorang gelandang yang dapat mengatur permainan tim, yang mana sosok tersebut dapat dimainkan oleh Schweinsteiger.

 

“Dia (Schweinsteiger) mengatakan kepada saya bahwa ia telah melakukan apapun yang ia mampu untuk dapat menembus skuad MU dan sejatinya ia mampu membantu mereka. Saya menonton beberapa pertandingan MU musim ini, dimana mereka dapat tampil lebih baik seandainya memiliki seorang gelandang tengah yang merupakan seorang pengatur serangan yang menjadikan serangan lebih terorganisir,” kritik Low yang mengimplikasi bahwa Schweinsteiger merupakan orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Tetapi sang pelatih juga mengatakan kalau pengalaman baru di Major League Soccer merupakan keputusan yang tepat bagi Schweinsteiger.

 

“Saya rasa tidak masalah bagi Basti untuk pindah ke Amerika dan mendapatkan pengalaman yang baru dan menenangkan karirnya di MLS. Basti telah mengambil keputusan yang bagus.”

 

Schweinsteiger bergabung dengan The Red Devils pada bulan Juli 2015 silam. Manajer MU saat itu, Louis Van Gaal merekrutnya dari Bayern Munchen, namun Schweinsteiger mengalami masalah pada kebugaran yang berpengaruh kepada performanya di atas lapangan. Gelandang berusia 32 tahun tersebut kehilangan tempat di skuad utama, bahkan bangku cadangan, saat Mourinho mengambil alih kursi kepelatihan dari Van Gaal. Schweinsteiger akhirnya meninggalkan MU setelah Chicago Fire yang sudah lama mengincarnya kembali melakukan pendekatan. (AA)