Kroasia Menang Adu Penalti, Inggris Menanti

Kroasia

bolasempak.com Kroasia berhasil mengalahkan tuan rumah Piala Dunia, Rusia, dengan skor 4-3 melalui adu penalti menyusul hasil imbang 2-2 setelah perpanjangan waktu untuk melangkah ke semifinal dan berhadapan dengan Inggris.

 

Ivan Rakitic melakukan tendangan penalti penentu setelah Fedor Smolov dan Mario Fernandes gagal mengeksekusi penalti bagi Rusia untuk menyelesaikan pertandingan perempatfinal di Sochi dini hari tadi, dan Kroasia sekarang sekarang memiliki peluang cukup bagus untuk memenangkan turnamen, atau setidaknya mengulang prestasi 1998 silam di Prancis.

 

Denis Cheryshev (31) sempat membawa Rusia memimpin babak pertama dengan sepakan jarak jauhnya dan membuat para penggemar tuan rumah bersorak, tetapi gol itu dibatalkan 8 menit kemudian ketika Andrej Kramaric memanfaatkan peluang emas dimuka gawang.

 

Domagoj Vida pun menyundul bola dan kembali membuat Kroasia unggul pada perpanjangan waktu, tetapi Mario Fernandes menyamakan kedudukan 5 menit kemudian sehingga adu penalti diberlakukan, dimana tim asuhan Stanislav Chercheshov tidak mampu meniru keberhasilan adu penalti mereka melawan Spanyol dan keluar dari turnamen pada tahap perempatfinal.

 

Dan sekarang di semifinal berhadapan dengan salah satu kandidat juara, Inggris, Kroasia akan mencoba menebus harapan setelah kegagalan di beberapa turnamen besar.

 

Fakta pertandingan

  • Kroasia adalah tim kedua yang memenangkan dua adu penalti dalam satu turnamen Piala Dunia, yang lainnya adalah Argentina pada tahun 1990 (melawan Yugoslavia dan Italia).
  • Rusia adalah negara tuan rumah pertama yang tersingkir di perempatfinal Piala Dunia sejak Meksiko pada tahun 1986.
  • Kroasia lolos ke semifinal Piala Dunia kedua kalinya, juga mencapai tahap itu pada tahun 1998.
  • Denis Cheryshev mencetak 4 gol untuk Rusia di Piala Dunia 2018, hanya striker Inggris Harry Kane yang mencetak gol lebih banyak (6).
  • Artem Dzyuba dari Rusia terlibat dalam 5 dari 10 gol Rusia di Piala Dunia 2018 (3 gol, 2 assist).
  • 14 dari 20 gol (termasuk kebobolan) Rusia di Piala Dunia telah dicetak melalui set-piece, termasuk 6 dari 7 yang mereka kebobolan di Piala Dunia 2018.
  • Kroasia kini memiliki 8 pencetak gol yang berbeda di Piala Dunia 2018, hanya Belgia (9) yang memiliki lebih banyak.
  • Hanya 1 dari 6 pertandingan terakhir Piala Dunia yang dilangsungkan di babak perpanjangan waktu yang belum mencapai penalti, yaitu final 2014 antara Jerman dan Argentina.