Kamerun Kampiun Piala Afrika 2017

BolaSempak – Gelaran Piala Afrika 2017 berakhir sudah. Kamerun akhirnya mengukuhkan diri sebagai yang terbaik di benua Afrika setelah pada partai puncak menumbangkan favorit juara Mesir dengan skor 2-1. Pemain pengganti Vincent Aboubakar menjadi pahlawan Kamerun berkat golnya di menit-menit akhir pertandingan.

 

Dalam gelaran Piala Afrika tahun ini, Kamerun sejatinya tak diunggulkan untuk meraih gelar juara. Hal ini dikarenakan tujuh pemain mereka menolak ikut serta dalam kompetisi antar negara Afrika tersebut dan lebih memilih untuk membela klub masing-masing, diantaranya adalah dua bek andalan, Joel Matip dan Allan Nyom yang lebih memilih untuk berlaga bersama klub mereka, Liverpool dan West Bromwich Albion di ajang Liga Primer Inggris dan tidak ikut terbang ke Gabon.

 

Dalam laga final pun, Kamerun sejatinya tidak begitu diunggulkan karena lawan mereka kali ini adalah favorit juara Mesir. Terlebih lagi anak-anak asuh dari Hugo Broos tidak memulai laga dengan begitu baik. Kamerun kecolongan gol lewat sepakan keras Mohammed Elneny. Pemain yang merumput bersama Arsenal tersebut mencetak gol memanfaatkan umpan dari Mohammed Salah. Bukan hanya ketinggalan satu gol, Kamerun harus kehilangan bek Adolphe Teikeu akibat cedera tidak lama setelah gol dari Elneny. Posisi Teikeu digantikan oleh N’Koulou.

 

Kejadian yang tidak beruntung tersebut justru menjadi titik balik dari Kamerun. Bersama Aboubakar yang menggantikan Robert Ntip Tambe di babak kedua, N’Koulou adalah pahlawan yang mencetak gol penyeimbang bagi Kamerun. Umpan silang Benjamin Moukandjo berhasil ditanduk dengan keras oleh N’Koulou untuk menaklukkan penjaga gawang veteran Mesir, Essam El Hadary. Gol N’Koulou tersebut tampak memotivasi para pemain Kamerun yang menguasai laga sepanjang babak kedua. Sebaliknya, Mesir seperti terpukul akibat kebobolan.

 

Ketika laga seperti akan berlanjut ke babak perpanjangan waktu, Aboubakar tampil sebagai pahlawan. Tendangan terukurnya memanfaatkan umpan Sebastien Siani membobol gawang El Hadary di menit ke-88 untuk membawa negaranya merebut medali emas dan mengangkat trofi Piala Afrika untuk kali kelima. (AA)

 

Selamat, Kamerun!