Jelang Piala Dunia, Tite Tak Berharap Banyak Pada Neymar

Tite, Neymar

bolasempak.com Neymar akan lebih berhati-hati sebelum dapat secara konsisten menghasilkan sepakbola terbaiknya, menurut Tite (pelatih timnas Brasil).

 

Setelah tiga bulan absen karena cedera kaki serius, Neymar kembali beraksi dalam kemenangan pra-Piala Dunia atas Kroasia di Anfield pada Minggu malam.

 

Dan aksi spektakuler bintang Paris Saint-Germain itu membuat tim asuhan Tite meraih kemenangan 2-0, dimana Roberto Firmino menambahkan gol pada waktu tambahan.

 

Banyak yang akan diharapkan dari Neymar di Piala Dunia tetapi Tite, meskipun merasa senang dengan kontribusi yang dibuat oleh striker itu, ingin bersabar dengan perkembangannya.

 

“Mari kita tunggu pelatihan berlangsung,” kata Tite pada konferensi pers tentang kembalinya Neymar, dikutip Eurosport (5/6/2018). “Dia kembali dengan standar tinggi dan tampil baik di atas apa yang saya harapkan, dia masih perlu memulihkan kebugarannya.

 

“Tapi dia akan tetap naik turun sebelum mencapai yang terbaik, mungkin pada pertandingan ketiga atau keempat. Tolong jangan buat harapan untuk apa yang telah dia lakukan terakhir kali.”

 

Neymar akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak menit dalam pertandingan persahabatan melawan Jerman baru-baru ini, sebelum Brasil membuka turnamen Piala Dunia melawan Swiss pada 17 Juni.

 

Tite memiliki banyak opsi di lini serang untuk bereksperimen dengan Gabriel Jesus (Manchester City), Philippe Coutinho (Barcelona), Willian (Chelsea) dan Firmino (Liverpool).

 

Coutinho, Willian dan Neymar menghasilkan beberapa kombinasi menarik di Anfield, dan Tite mengakui bahwa dia mempertimbangkan untuk memasukkan ketiganya sebagai trio paten di Piala Dunia.

 

“Mereka sangat baik,” Tite menambahkan. “Itu bisa menjadi sebuah kemungkinan, tapi serius saja saya harus memberi waktu untuk pemulihan dan tetap bekerja pada prosesnya. Ada kesempatan dan tentu saja semuanya bisa dilakukan.”

 

Pelatih Selecao itu juga ditanya tentang peluang timnya di turnamen internasional mendatang, dan dia optimis meskipun tidak ingin berharap terlalu jauh.

 

“Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk mendapat hasilnya,” Tite menambahkan. “Tapi harapan untuk memenangkan kompetisi terlalu tinggi.

 

“Saya tahu potensi tim ini, tapi perlu diingat bagaimana kami menjalani kompetisi terakhir. Tahap tim ini masih pengembangan dan lolos dari fase grup adalah hasil yang baik.”