Italia Tekuk Uruguay 3-0

BolaSempak – Gol bunuh diri luar biasa dari Jose Gimenez, sepakan dari Eder dan tendangan pinalti Daniele De Rossi di injury time babak kedua memastikan Italia memperpanjang rangkaian laga tanpa terkalahkan mereka menjadi sembilan pertandingan di bawah asuhan Giampiero Ventura dengan kemenangan 3-0 atas Uruguay.

 

Bek Atletico Madrid, Gimenez menjalani malam yang harus dilupakan setelah tanpa sengaja menjebol gawang tim sendiri yang dikawal oleh Fernando Muslera saat pertandingan baru berjalan selama tujuh menit di Nice.

 

Kemenangan Italia kemudian semakin ditegaskan ketika Eder menyelesaikan umpan silang dari Manolo Gabbiadini di menit-menit akhir laga, tetapi masih ada waktu bagi Gimenez untuk menjatuhkan Stephan El Shaarawy di kotak pinalti, dengan bintang AS Roma, Daniele De Rossi mencetak gol dari titik putih untuk memperlebar jarak di papan skor.

 

Dalam laga di stadion Allianz Riviera yang setengah penuh, Italia tampil lebih cerah di awal laga yang diberikan hadiah gol pembukan melalui gol bunuh diri Gimenez di menit ke-7. Umpan panjang dari Lorenzo Insigne dikontrol dengan sempurna menggunakan dada oleh Andrea Belotti, tetapi sebelum ia dapat memutar tubuh dan melakukan tendangan, Gimenez melancarkan tendangan voli ke gawang sendiri saat mencoba membuang bola.

 

Italia kemudian mengejar kedua, tetapi Muslera tampil bagus dengan menggagalkan peluang dari Belotti dan Insigne secara berturut-turut. Ventura kemudian dipaksa melakukan pergantian. Kembalinya Claudio Marchisio ke tim nasional harus berakhir dini akibat cedera dan digantikan oleh Riccardo Montolivo.

 

Penjaga gawang belia Italia, Gianluigi Donnarumma kemudian harus memungut bola dari dalam gawang akibat sundulan Martin Caceres, tetapi beruntung kemudian wasit menganulir gol karena bek Southampton tersebut melakukan pelanggaran terlebih dulu.

 

Eder yang tampil sebagai pemain pengganti kemudian membuang peluang emas di menit ke-75, tetapi kemudian menebusnya tujuh menit kemudian. De Rossi lantas menyempurnakan kemenangan Italia menjadi 3-0 melalui titik putih akibat pelanggaran Gimenez kepada El Shaaraway, sebelum akan bertanding melawan Liechtenstein di laga kualifikasi Piala Dunia pada hari Minggu mendatang. (AA)