Italia Resmikan Di Biagio Sebagai Pelatih ‘Sementara’

bolasempak.comPelatih Italia U-21, Luigi Di Biagio, resmi diangkat sebagai pelatih sementara timnas senior negaranya.

 

Mantan gelandang Roma dan Inter yang sempat membela Italia sebanyak 31 kali itu akan memimpin pertandingan persahabatan bulan depan melawan Argentina dan Inggris. Italia menghadapi La Albiceleste di Etihad Stadium pada 23 Maret sebelum menghadapi Three Lions di Wembley empat hari kemudian.

 

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Federasi Sepakbola Italia (FIGC) berbunyi: “Setelah pertemuan yang diadakan hari ini di markas Federasi Sepakbola Italia di Roma, di hadapan Komisaris Luar Biasa Roberto Fabbricini dan wakilnya Alessandro Costacurta, diputuskan untuk mempercayakan tugas utama kepada Luigi Di Biagio mengingat dua pertandingan internasional bulan Maret mendatang.”

 

Di Biagio telah diberi kesempatan untuk mempertahankan posisi tersebut meski tidak memiliki pengalaman melatih tim papan atas, dan hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Costacurta: “Dia punya kesempatan, dia cukup sukses dengan tim muda dan tahu apa yang harus dilakukan.

 

“Jadi kita akan lihat hasilnya dalam dua pertandingan nanti.”

 

Azzurri juga tanpa pelatih sejak kepergian Gian Piero Ventura karena gagal lolos ke Piala Dunia, dimana kekalahan di babak play-off melawan Swedia menandai pertama kalinya dalam 60 tahun Italia absen di turnamen besar, dan menunjuk pelatih pengganti semakin sulit karena Carlo Tavecchio mengundurkan diri sebagai presiden FIGC.

 

Fabbricini yang merupakan sekretaris jenderal Komite Olimpiade Italia (CONI) dijadikan sebagai pemimpin FIGC darurat pekan lalu.

 

Nama-nama seperti Roberto Mancini dan Antonio Conte pun disebut-sebut sebagai sosok yang layak untuk mengisi peran itu, namun terlepas dari spekulasi mengenai masa depan di Chelsea, Conte telah menjauhkan diri dari prospek untuk kembali melatih Italia.

 

“Saya dapat memberitahu Anda bahwa Costacurta adalah seorang teman. Kami bermain bersama di tim nasional pada tahun 1994 di Piala Dunia,” katanya kepada wartawan Jumat lalu.

 

“Tapi, mungkin dia lupa bahwa saya masih memiliki kontrak 18 bulan dengan Chelsea. Keinginan saya adalah menghormati kontrak ini. Saya tahu apa yang harus dilakukan dan saya berharap federasi bisa bijak dalam memilih pelatih.”