Italia Pesta Gol Ke Gawang San Marino

BolaSempak – Penyerang AC Milan, Gianluca Lapadula mencetak hat-trick ketika tim eksperimental tim nasional Italia menang dengan skor 8-0 melawan tim gurem San Marino di Empoli.

 

Berlaganya Juventus di partai final Liga Champions pada hari Sabtu membuat bos Azzurri, Giampiero Ventura tidak dapat membawa sebagian besar bintang utamanya. 11 pemain yang ia turunkan di Stadio Carlo Castellani jelas akan membuat para penonton secara rutin mengecek nama di daftar pemain, tetapi kemenangan besar membuktikan bahwa hal itu bukanlah sebuah masalah.

 

Lapadula merupakan satu dari sembilan debutan di tim utama, yang kali ini dikapteni oleh penyerang Sassuolo, Domenico Berardi pada penampilan perdananya. Berardi memberikan umpan bagi gol pembuka Lapadula, dan juga gol keempat, memulai dan mengakhiri rentetan gol cepat saat bek Crotone Gianmarco Ferrari dan penyerang Atalanta Andrea Petagna, yang kali ini menjadi veteran karena telah memiliki satu cap, terlibat dalam aksi.

 

Lapadula menyegel gol ketiganya diapit dengan gol para debutan seperti Mattia Caldara dan pemain pengganti Matteo Politano. Gol bunuh diri dari pemain pengganti San Marino, Giovanni Bonini melengkapi pesta gol Italia, dengan fokus dari pasukan Ventura jelas lebih mengarah kepada tugas lebih berat menghadapi Uruguay pekan depan.

 

Tekanan di awal laga dari Italia langsung berbuah di menit ke-10, dengan Lapadula mampu menjangkau umpan silang dari Berardi lebih cepat dibandingkan penjaga gawang Elia Benedettini dan mencetak gol lewat sundulan sederhana. Ferrari kemudian memenangi duel dengan Michele Cevoli untuk mencetak gol kedua timnya memanfaatkan umpan tendangan sudut Federico Chiesa.

 

Masa buruk bagi tim tamu berlanjut ketika Petagna membuat jarak menjadi tiga gol. Lapadula lolos dari jebakan offside sebelum umpannya dari dalam kotak pinalti gagal dijaga oleh barisan pertahanan San Marino. Lapadula mengubah skor menjadi 4-0 dua menit setelahnya, setelah lagi-lagi memanfaatkan umpan dari Berardi.

 

Permainan di babak kedua tidak berubah banyak. Walaupun jelas kalah kelas, tetapi San Marino bertahan dengan sangat buruk dan kembali kebobolan tiga menit setelah laga dilanjutkan. Caldara tidak terkawal di kotak pinalti untuk menyelesaikan peluang dengan sederhana. Bahkan kurang dari satu menit kemudian, Lapadula melengkapi hattrick dengan cantik setelah melepaskan tembakan lob melewati kepala penjaga gawang.

 

Salah satu pemain yang baru turun di babak kedua, Politano kemudian mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan Benedettini. Bonini yang kurang beruntung kemudian membelokkan bola umpan silang Politano ke gawangnya sendiri, melengkapi pesta delapan gol Italia hingga akhir laga. (AA)