Irlandia Tekuk Uruguay

BolaSempak – Gol dari Jonathan Walters, Cyrus Christie dan James McClean memberikan Republik Irlandia kemenangan 3-1 atas Uruguay setelah bintang Paris Saint Germain, Edinson Cavani terpincah dan harus ditarik keluar pada laga yang dilangsungkan di kota Dublin tersebut.

 

Uruguay sudah harus tampil tanpa duo bintang lainnya, Luis Suarez dan Diego Godin. Susunan pemain eksperimental dari pelatih Oscar Tabarez kembali mendapatkan pukulan setelah penarikan Cavani di awal laga, yang tidak bisa melanjutkan pertandingan setelah bertubrukan dengan Kevin Long.

 

Irlandia kemudian menguasai jalannya laga dan sudah unggul sebelum laga mencapai waktu setengah jam ketika Walters mencetak gol cantik dari jarak 20 yard, tetapi kemudian penyerang klub Stoke City ini berubah dari pahlawan menjadi pesakitan. Setelah gol penyeimbang dari Uruguay yang dicetak oleh bek Atletico Madrid Jose Gimenez, Walters kemudian hanya mampu membentur tiang melalui tembakannya dari jarak dekat, dengan mulut gawang menganga lebar tanpa terkawal.

 

Ada sedikit keberuntungan dalam proses terjadi gol kedua tim tuan rumah setelah bola yang tampak merupakan umpan silang dari bek Derby County, Christie malah masuk ke dalam gawang. Tetapi kemudian kemenangan dipastikan secara apik oleh pemain pengganti McClean 13 menit sebelum laga usai.

 

Hal ini berarti anak-anak asuh Martin O’Neill mampu bangkit secara impresif setelah kalah dengan skor akhir yang sama dari Meksiko hanya dua hari sebelumnya dan menikmati peningkatan kepercayaan diri yang datang tepat sebelum laga kualifikasi Piala Dunia menghadapi Austria.

 

Penjaga gawang tim tamu, Esteban Conde membuat debut internasionalnya pada usia 34 tahun dan menyelamatkan gawang dari peluang Robbie Brady. Tetapi Conde kemudian membuat kesalahan, beruntung Shane Duffy gagal menyentuh bola.

 

Uruguay kemudian harus kehilangan Cavani yang cedera dan digantikan oleh penyerang Middlesbrough, Christhian Stuani. Tanpa titik fokal serangan mereka, Uruguay gagal memberikan tekanan dan tertinggal di menit ke-27 melalui tendangan Walters memanfaatkan umpan dari Glenn Whelan.

 

Gimenez kemudian menyamakan kedudukan memanfaatkan bola muntah dari tendangan penjuru yang gagal diamankan oleh penjaga gawang Darren Randolph, sebelum kemudian Walters gagal mencetak gol dari jarak dekat kendati kiper sudah mati langkah.

 

Chrstie kemudian mencetak gol berbau keberuntungan enam menit setelah babak kedua dimulai, dan Irlandia kemudian harus berterima kasih kepada kiper pengganti Keiren Westwood yang menggagalkan upaya Gimenez. McClean memastikan kemenangan Irlandia di menit ke-77 setelah menerima umpan terobosan Daryl Murphy dan menaklukkan Conde dengan tenang. (AA)