Gelandang Shanghai Shenhua Ini Bela Carlos Tevez

BolaSempak Gelandang Shanghai Shenhua, Cao Yunding, telah meminta para penggemar untuk tidak menyalahkan Carlos Tevez karena penampilannya yang terlihat “mengerikan”.

 

Shenhua dikalahkan 6-1 oleh Shanghai SIPG dalam pertandingan derby akhir pekan lalu, yang berarti mereka sekarang telah kalah di lima pertandingan berturut-turut di Liga Super China.

 

Tevez, yang dilaporkan mendapatkan upah £ 615.000 per minggu, mencetak satu-satunya gol untuk timnya dalam kekalahan tersebut, namun tetap mendapat kritik besar atas penampilan dan sikapnya.

 

Pemain berusia 33 tahun itu juga telah dicemooh oleh para penggemar dan diperingatkan untuk menurunkan berat badan oleh pelatih Wu Jingui, yang menggantikan Gustavo Poyet pekan lalu setelah mantan pemain Chelsea tersebut mengundurkan diri.

 

Performa Tevez sangat berbeda dengan Hulk, yang mencetak dua gol dan membuat timnya meraih kemenangan pada hari Sabtu dan sekarang memiliki 20 gol sejauh musim ini.

 

Cao mengakui pemain Brasil tersebut adalah yang terbaik di China musim ini, namun menegaskan bahwa Tevez seharusnya tidak memikul tanggung jawab besar atas performanya di Shenhua.

 

Dalam sebuah surat terbuka kepada para para pendukungnya, pemain internasional China tersebut mengatakan: “Kekalahan 6-1 adalah apa yang telah kami hasilkan sendiri. Lima kekalahan langsung juga merupakan hasil perbuatan kami sendiri.

 

“Penggemar tidak salah, karena kami dan bukan orang lain yang ‘menodai’ jersey Shenhua dan lencana di dada kami.

 

“Saya pribadi merasa buruk, saya tidak punya pilihan selain mengakui bahwa Hulk adalah pemain asing terbaik di liga saat ini, bahwa dia tidak dapat dibandingkan dengan orang lain dalam kemampuan dan kualitas fisiknya, dan SIPG jauh lebih kuat dari kami. Kami benar-benar kalah bersaing dan pantas kalah.

 

“Hari-hari ini, semua orang menyalahkan (wakil manajer umum) Zhou Jun dan (presiden) Wu Xiaohui karena mereka bersalah membawa Tevez.

 

“Agar adil, kita seharusnya tidak menyalahkan semua kesalahan pada apa yang ditampilkan Tevez. Jika sebuah tim berjalan dengan baik hanya karena satu pemain hebat, itu tidak akan bertahan lama. Bahkan Hulk mengalami masa sulit musim lalu.

 

“Para penggemar berhak mempertanyakan siapa pun yang mereka mau, tapi sebagai pemain, kami harus menyadari kontribusi yang dibuat oleh dewan. Kami perlu bertanya pada diri sendiri untuk mengevaluasi diri. Kami harus memikul tanggung jawab sebagai sebuah tim.”