Gara-Gara Kontrak Dengan Real Madrid, Lopetegui Dipecat Spanyol

Julen Lopetegui

bolasempak.com Julen Lopetegui dipecat sebagai pelatih tim nasional Spanyol, hanya dua hari sebelum pertandingan pembuka di Piala Dunia 2018.

 

Luis Rubiales, presiden Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF), membenarkan kabar tersebut pada konferensi pers yang tertunda di Krasnodar pada hari Rabu.

 

Rubiales mengklaim hanya memiliki sedikit pilihan setelah Lopetegui disebut sebagai pelatih Real Madrid berikutnya, mengklaim diskusi itu terjadi tanpa sepengetahuan RFEF dan mengatakan bahwa dia hanya memiliki beberapa menit sebelum Los Blancos membuat pengumuman resmi.

 

“Kami telah dipaksa untuk melepas pelatih, mengingat semua hal baik yang telah diberikannya kepada kami,” katanya kepada wartawan, dikutip Marca (13/6/2018).

 

“Tim ini adalah tim setiap orang Spanyol dan ada keputusan yang harus diambil. Harus ada pesan yang jelas.

 

“Real Madrid mencari pelatih dan mencari yang terbaik. Saya tidak akan menilai klub tentang bagaimana mereka bertindak, tetapi hingga beberapa menit sebelumnya, kami tetap belum menemukan sesuatu. Itu tidak bisa diabaikan.

 

“Saya mengetahui tentang kesepakatan dengan Madrid lima menit sebelumnya dan memastikan tidak ada yang harus dilakukan sampai saya mendapatkan pesawat dan datang ke sini.

 

“Tapi setelah lima menit, saya melihatnya di media dan kami harus bereaksi. Kami memiliki tanggung jawab. Saya tahu akan ada kritik tetapi nilai-nilai RFEF ditentukan oleh RFEF itu sendiri.”

 

Rubiales menolak berkomentar mengenai pengganti Lopetegui, tetapi dia menekankan bahwa mereka tidak akan mempengaruhi skuad, dan Fernando Hierro yang menjabat sebagai direktur olahraga Spanyol telah ditunjuk sebagai pelatih sampai Piala Dunia Selesai.

 

Konferensi media yang direncanakan pada Rabu malam sempat ditunda lebih dari satu jam ketika Rubiales mengadakan pembicaraan terakhir dengan Lopetegui.

 

Ada juga desas-desus bahwa pemain senior tim telah meminta mantan pelatih Porto itu untuk tetap bertanggung jawab sampai turnamen selesai.

 

Meskipun begitu, Rubiales menegaskan skuad fokus pada pertandingan pada hari Jumat melawan Portugal di Sochi.

 

“Semua ini merupakan pukulan besar, tetapi kami berlatih lagi hari ini, kami akan tetap bersama dan bergerak maju,” tegasnya. “Para pemain sangat fokus dan mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka berkomitmen penuh dan akan memberikan 100%.”