FIFA Akan Buka Persidangan Terkait “Jari Tengah” Dele Alli

BolaSempak Gelandang tim nasional Inggris, Dele Alli, akan menghadapi proses disipliner dari FIFA karena isyarat yang dia lakukan saat kemenangan atas Slovakia di Wembley dalam pertandinagn kualifikasi Piala Dunia, Selasa.

 

Tim asuhan Gareth Southgate kini terpaut dua poin dari sebuah tempat di Rusia 2018 dengan kemenangan 2-1, berkat gol Eric Dier dan Marcus Rashford.

 

Pada menit ke-77 pertandingan, Alli gagal mengeksekusi tendangan bebas setelah bek Slovakia, Martin Skrtel, menghalaunya.

 

Tayangan ulang menunjukkan bahwa pemain berusia 21 tahun itu mengangkat jari tengahnya setelah kejadian tersebut, dengan wasit Clement Turpin pada awalnya dianggap sebagai objek rasa frustrasinya.

 

Namun, Alli kemudian mengklaim bahwa isyarat tersebut ditujukan untuk bek kanan Inggris dan mantan rekan setimnya di Tottenham, Kyle Walker.

 

Seorang juru bicara FIFA mengatakan: “Kami dapat memastikan bahwa proses persidangan telah dibuka setelah kejadian ini. Mohon dimengerti bahwa kami tidak dapat berkomentar lebih jauh mengenai tahap ini.”

 

Alli berkomentar melalui akun Twitter miliknya setelah pertandingan untuk mengklarifikasi bahwa insiden tersebut adalah “lelucon antara saya dan teman baik saya, Kyle Walker” dan Southgate mengkonfirmasi bahwa pemainnya telah menceritakan kisah serupa kepadanya.

 

“Kyle dan Dele sedang bercanda, dan Dele memberi isyarat ke arah Kyle,” katanya. “Saya tidak tahu sudut apa yang diambil kamera, jadi saya tidak tahu apakah itu jelas. Mereka memiliki cara berkomunikasi yang aneh tapi itulah yang mereka katakan saat ditanya langsung.”

 

Berbicara menjelang perjalanan Tottenham ke Everton akhir pekan ini, manajer Mauricio Pochettino menyarankan agar FIFA tidak menyia-nyiakan banyak waktu untuk berurusan dengan sikap Alli.

 

“Ada banyak hal yang lebih buruk dari situasi ini,” katanya. “Memang benar ini bukan isyarat yang bagus tapi ini bukan masalah besar, saya rasa ini bukan masalah besar dengan FIFA atau dengan kami.

 

“Mungkin tajuk utamanya adalah karena itu Dele dan sesuatu terjadi, dan dia orang Inggris. Tapi saya pikir ini bukan masalah besar, bagi saya, ini hanya rekan setim yang berkomunikasi dengan cara nyeleneh.”