Deschamps Waspadai Ancaman Timnas Belanda

BolaSempak Pelatih tim nasional senior Prancis, Didier Deschamps, telah memperingatkan para pemainnya untuk tidak meremehkan Belanda saat kedua negara tersebut bertemu di kualifikasi Piala Dunia di Stade de France, dini hari nanti.

 

Skuad asuhan Deschamps saat ini unggul tiga angka di atas lawan mereka yang ada di tempat kedua di Grup A, sejajar dengan Swedia di puncak klasemen yang mengalami kekalahan mengejutkan dari Les Bleus pada bulan Juni.

 

Menjadi semifinalis Piala Dunia tiga tahun lalu, Belanda, telah mengalami keruntuhan dalam skuad terutama dalam gagal mencapai kompetisi Euro 2016.

 

Kekalahan dari Bulgaria selama kampanye ini menyebabkan Danny Blind dipecat sebagai pelatih kepala dan setelah menang 5-0 atas Luksemburg, Dick Advocaat sekarang menghadapi tantangan signifikan pertama dari periode ketiganya untuk memimpin pasukan De Oranje.

 

Banyak hal besar yang diharapkan dari Deschamps saat ini, memiliki para pemain bintang seperti Kylian Mbappe, Ousmane Dembele dan Paul Pogba, namun ia merasa skuad Belanda masih memiliki Arjen Robben, Wesley Sneijder dan Robin van Persie yang bisa menjadi peringatan untuk tim manapun.

 

“Masalah mereka adalah mereka tidak lolos ke Euro 2016,” kata pelatih Prancis tersebut kepada sebuah konferensi pers pra-pertandingan. “Mereka melakukan Piala Dunia yang hebat di tahun 2014.

 

“Ada banyak pemain berpengalaman yang masih aktif, generasi baru akan datang, saya kira tingkat sepakbola Belanda sudah turun, tapi justru sebaliknya. Selalu ada pemain yang sangat bagus, yang tertua yang masih ada dan bahkan yang muda, yang punya banyak kualitas.

 

“Mereka tetap merupakan negara Eropa yang kuat, tapi memang benar fakta bahwa mereka tidak berada di Euro 2016 di Prancis menjadi faktor banyak keraguan, kurangnya eksposur di tingkat internasional.”

 

Kemudian juga Hugo Lloris yang menjabat sebagai kapten tim, menggemakan seruan pelatihnya untuk fokus dengan kelompok tersebut agar tidak terlena status sebagai favorit pra-kualifikasi.

 

“Selalu ada kemungkinan untuk bermain di babak play-off, tapi saat ini kami benar-benar tidak memikirkannya. Kami memiliki semua peluang kami untuk finish lebih dulu di grup ini,” kata kiper Tottenham tersebut.

 

“Kami tahu bahwa ini akan terjadi antara kami, Swedia dan Belanda, dan kami dapat menambahkan Bulgaria jika mereka melakukan kinerja yang baik melawan Swedia. Jujur saja, kami benar-benar fokus pada permainan ini. Kami tidak di sini untuk membuat fiksi. Kami fokus pada pertandingan yang sangat penting ini.”