Deschamps Tegaskan Payet Absen di Piala Dunia Karena Cedera

Didier Deschamps, Dimitri Payet

bolasempak.com Didier Deschamps siap memilih Dimitri Payet di skuad Prancis untuk Piala Dunia sebelum cedera dialami playmaker Marseille tersebut pada final Liga Europa pekan lalu.

 

Tim berbasis Ligue 1 itu menelan kekalahan 3-0 dari Atletico Madrid di Lyon, dengan kinerja mereka memburuk setelah Payet meninggalkan lapangan sambil menangis karena cedera.

 

Pengabaian pemain kelas dunia lainnya seperti Anthony Martial (Manchester United) dan Alexandre Lacazette (Arsenal) tidak disertakan karena alasan performa, namun dalam kasus Payet, Deschamps menegaskan cedera hamstring terbaru menjadi risiko besar.

 

“Dia kandidat yang serius untuk 23 pemain,” Deschamps mengatakan kepada TF1 (21/5/2018). “Dia memainkan setengah jam pertama dari final Liga Europa dan situasinya memburuk. Ini akan membuatnya absen sampai tiga minggu untuk pulih dari cedera.

 

“Ada risiko yang signifikan dari kekambuhan cedera otot. Ketika mempertimbangkan tenggat waktu saya, sayangnya Dimitri tidak akan mungkin disertakan, dia tidak akan siap.”

 

Deschamps memiliki sumber daya besar untuk dipilih di lini serang, dengan Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Nabil Fekir dan Olivier Giroud akan mengisi pilihan tersebut.

 

“Mereka bagus melawan Jerman (November lalu), tapi itu hanya satu pertandingan. Selain itu, mereka hanya sedikit kurang (dari harapan),” Deschamps menjelaskan. “Ini adalah analisis total mengenai apa yang bisa mereka lakukan dalam situasi tertentu, dan dalam hal peran apa yang mungkin mereka miliki dalam skuad.

 

“Saya menganggap Giroud, Griezmann, Fekir dan Mbappe sebagai penyerang tengah. Kylian dan Antoine bisa bermain di posisi lain. Kylian paling baik.”

 

Mempertimbangkan sikapnya tentang Payet, mungkin mengejutkan Deschamps lebih memilih Benjamin Mendy.

 

Bek kiri Manchester City itu sembuh total setelah menjalani operasi ligamen lutut pada September lalu tetapi hanya tampil sebagai pemain pengganti beberapa pekan terakhir di Premier League.

 

Deschamps yakin atas pemulihan pemain 23 tahun itu tetapi tidak akan ragu-ragu untuk memanggil daftar cadangannya jika diperlukan.

 

“Benjamin keluar dari cedera panjang dan serius,” tambahnya. “Dia sudah sembuh, itu pasti.

 

“Daftar yang dipastikan adalah pada 4 Juni (batas waktu akhir FIFA untuk skuad Piala Dunia). Saya dapat mengubah pemain mana pun setiap saat.

 

“Dengan 15 hari persiapan dan pertandingan persahabatan yang kami miliki, saya akan tahu lebih banyak. Benjamin memiliki kualitas fisik diatas rata-rata, tetapi untuk memastikan dia bisa bermain 90 menit, itu akan memakan waktu.

 

“Kami akan memastikan evaluasi dengan staf. Kami mengikutinya secara medis. Ada risiko hari ini, tapi kami akan memastikan bahwa ada kepastian pada 4 Juni.”