Defoe Dan Vardy Bawa Inggris Kalahkan Lithuania

BolaSempak – Tim nasional Inggris tidak mendapatkan kesulitan berarti saat menekuk Lithuania dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Penyerang veteran Jermain Defoe menandai laga comeback ke tim nasional dengan mencetak gol pertama Inggris sebelum Jamie Vardy menggandakan keunggualan The Three Lions.

 

Bermain di stadion Wembley, tim tuan rumah Inggris pada awalnya menemui kesulitan untuk menembus pertahanan ketat Lithuania yang bermain sangat dalam. Tempo permainan umpan pendek mereka tidak cukup cepat untuk dapat memberikan masalah kepada tim tamu. Percobaan pertama Defoe masih mampu dihalau oleh penjaga gawang Ernestas Setkus yang dengan cepat menutup ruang tembak Defoe atas umpan Adam Lallana.

 

Namun Setkus tidak memiliki peluang untuk menepis tembakan Defoe di menit ke-20 laga. Raheem Sterling melakukan tusukan dari sisi kiri melewati Egidijus Vaitkunas dan memberikan umpan matang kepada Defoe yang tidak menyia-nyiakan peluang tersebut untuk merayakan penampilan pertamanya bersama timnas Inggris setelah beberapa tahun absen.

 

Namun Lithuania juga mampu mengancam gawang Inggris setelah tertinggal satu gol. Nerijus Valskis hanya mampu menyepak bola melewati mistar gawang ketika Joe Hart, penjaga gawang Inggris mencoba untuk menyergapnya. Valskis sejatinya telah berada dalam posisi offside, tetapi hakim garis tidak mengangkat benderanya. Babak pertama akhirnya berakhir dengan skor 1-1.

 

Inggris masih lebih unggul di babak kedua. Sterling seharusnya mampu memberikan Inggris gol tambahan yang tampak dibutuhkan agar timnya dapat bermain lebih nyaman, tetapi ia gagal memaksimalkan crossing bagus dari Ryan Bertrand. Kedua penjaga gawang kemudian harus berjibaku menyelamatkan gawang masing-masing. Hart menangkis peluang dari Vykintas Slivka, sementara Setkus menggagalkan sepakan dari Alex Oxlade-Chamberlain.

 

Inggris baru bisa menggandakan skor enam menit setelah laga berjalan satu jam. Lallana memberikan kreativitas yang dibutuhkan tim dengan memberikan umpan cantik kepada Jamie Vardy yang kemudian tanpa kesulitan membobol gawang Lithuania. Gol Vardy membawa Inggris 2-0 dan tampak tidak akan terkejar oleh Lithuania yang tampak mulai kehabisan bensin. Inggris meraih tiga poin penuh.

 

Selain membawa Inggris kian kokoh di puncak klasemen Grup F dengan keunggulan lima poin atas Slovenia, clean sheet yang diraih juga membuat Inggris menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan di seantero babak kualifikasi Piala Dunia 2018. (AA)