Chicharito: Saya Bangga Dengan Meksiko

BolaSempak – Pemain asal Meksiko, Javier “Chicharito” Hernandez mengakui bahwa kekalahan 4-1 dari Jerman pada hari Kamis di ajang Piala Konfederasi merupakan momen yang membuat sedih, tetapi ia juga mengaku bangga dengan timnya kendati menerima kekalahan.

 

El Tri finis di urutan kedua Grup, di atas tim tuan rumah Rusia dan memiliki poin yang sama dengan juara Eropa Portugal, tetapi mereka tidak mampu mengatasi tim Jerman yang berisikan para pemain muda bertalenta untuk menjejakkan kaki ke partai final.

 

“Saya merasa sedih dan kecewa, tetapi dengan kepala tegak dan rasa bangga terhadap tim kami, staf pelatih dan juga para penggemar,” tukas penyerang klub Bayer Leverkusen tersebut sebagaimana dikutip oleh ESPN.

 

Dengan kekalahan dari Jerman yang tentu merupakan sebuah pukulan bagi para pemain Meksiko, yang menorehkan lebih dari dua kali jumlah tendangan yang dicatatkan Jerman dalam pertandingan tersebut, pemain berusia 29 tahun ini tidak ingin mengecilkan performa yang dihasilkan melawan sang juara bertahan Piala Dunia.

 

“Jika sepakbola merupakan soal keadilan, maka ceritanya akan berbeda. Tetapi itu bukan untuk mengerdilkan apa yang dilakukan Jerman atau untuk memberi alasan. Satu-satunya hal di kepala kami adalah kami merasa sedih. Tidak ada yang ingin kalah dengan cara seperti itu, terlebih di babak semifinal. Kami benar-benar ingin mencapai partai final.”

 

Meksiko kini sudah berada di ambang lolos secara langsung untuk kembali ke Rusia tahun depan untuk Piala Dunia dengan masih ada beberapa pertandingan yang harus dihadapi, setelah mengoleksi 14 poin dari 6 pertandingan yang dijalani di babak penyisihan zona CONCACAF. Dan kendati kekalahan dari Jerman jelas akan memperburuk catatan tim yang tengah berada dalam performa baik, Hernandez melihat laga tersebut sebagai patokan jelang turnamen akbar di musim panas tahun depan.

 

“Kami bertanding menghadapi juara dunia, dan hal itu akan sangat berguna bagi sepakbola Meksiko untuk mengetahui dimana kami berada.”

 

Laga terakhir Meksiko di turnamen ini adalah di perebutan tempat ketiga menghadapi Portugal, tim yang telah mereka hadapi di fase penyisihan grup. Kala itu, kedua tim bermain imbang. (AA)