Belanda Kalahkan Maroko 2-1

BolaSempak – Quincy Promes mencetak satu gol dan memberikan satu assist saat sepuluh pemain Belanda mempertahankan keunggulan 2-1 atas tuan rumah Maroko di Agadir. Manajer interim Fred Grim memimpin tim sebelum Dick Advocaat memulai rezim ketiganya sebagai pelatih tim nasional Belanda dan ia harus tampil tanpa sejumlah pemain kunci seperti Daley Blind, Arjen Robben, Kevin Strootman dan Georginio Wijnaldum.

 

But setelah memberikan debut kepada bek Chelsea Nathan Ake, Grim mendapati Promes membawa tim tamu unggul di babak pertama setelah aksi yang menawan dari Memphis Depay. Promes kemudian memberikan umpan untuk penyerang Tottenham, Vincent Janssen untuk menggandakan keunggulan Belanda setelah turun minum dengan gol kelimanya dari 10 penampilan di kancah internasional, gol yang tampak akan memastikan kemenangan.

 

Tetapi Belanda harus bertahan dalam kondisi yang menegangkan setelah Matthijs de Ligt mencetak rekor yang tidak diinginkan sebagai pemain paling muda untuk diusir wasit, dengan Mbark Boussoufa mencetak gol dari tendangan bebas yang dihasilkan.

 

Belanda, yang kembali menemukan performa mereka setelah hanya menang satu kali dalam lima pertandingan, akan kembali berlaga pada laga persahabatan di kandang menghadapi Pantai Gading pada hari Minggu, sebelum bertemu dengan Luksemburg di kualifikasi Piala Dunia pada 9 Juni mendatang.

 

Mereka unggul di menit ke-22. Depay menunjukkan aksi individual yang luar biasa di sayap kiri dengan melewati Nordin Amrabat dan mengirimkan umpan mendatar ke arah Promes yang dengan satu sentuhan mencetak gol tanpa mampu dicegah oleh Munir Mohamedi.

 

Janssen kemudian memaksa Mohamedi bekerja keras setelah ia menendang bola dengan keras. Maroko ganti mendapatkan peluang yang langka, tetapi sundulan dari Manuel da Costa masih melambung di atas mistar gawang setelah mendapatkan umpan tendangan bebas dari Faycal Fajr.

 

Maroko tampil lebih baik di awal babak kedua, dengan Sofiane Boufal menusuk ke dalam dari sisi kir dan memaksa penjaga gawang Jeroen Zoet melakukan penyelamatan. Fajr kemudian mendapatkan peluang, tetapi tembakannya mengarah tepat ke arah Zoet.

 

Tetapi harapan mereka makin menipis setelah umpan silang Promes dari sisi kanan diterima menggunakan dada oleh Janssen di kotak pinalti, sebelum menembak bola dengan kaki kanan, mengubah skor menjadi 2-0. Laga kemudian kembali bergairah setelah De Ligt diusir wasit akibat pelanggaran kepada Walid Azaro, dan Boussoufa memperkecil ketinggalan lewat tendangan bebas luar biasa. Tetapi hingga laga usai, skor 2-1 tidak berubah. (AA)