Argentina, Paraguay dan Uruguay Umumkan Tawaran Untuk Piala Dunia 2030

BolaSempak Argentina, Uruguay dan Paraguay telah mengumumkan tawaran bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2030.

 

Presiden ketiga negara bertemu pada hari Rabu dan mengungkapkan rencana mereka dalam sebuah konferensi pers di ibu kota Argentina, Buenos Aires.

 

Proses tawaran tidak dimulai sampai 2021, namun Argentina, Uruguay dan Paraguay mengekspresikan diri mereka sejak awal bahwa hal itu bisa diperjuangkan sejak awal.

 

Uruguay menjadi tuan rumah dan memenangkan Piala Dunia pertama di tahun 1930, dan keikutsertaan mereka sebagai tuan rumah bersama 100 tahun kemudian dapat menambah romantisme tambahan dalam menghadapi turnamen tersebut.

 

Presiden Paraguay, Horacio Cartes, mengungkapkan: “Kami tahu ada negara lain yang menginginkannya, tapi saya kira peringatan 100 tahun Piala Dunia pertama di Uruguay membuat kawasan ini menjadi prospek yang sangat menarik.

 

“Kami memiliki sejarah dalam sepakbola, yang pertama dan pasti indah untuk dilakukan. Di benua Amerika Selatan, ada banyak tim besar dari negara-negara besar.”

 

Kemudian rekan sang presiden dari Argentina, Mauricio Macri, mengungkapkan bahwa Uruguay menyusun gagasan awal untuk mengajukan penawaran sebagai tuan rumah bersama, dan tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk mengatakan “ya” kepada mereka atau Paraguay.

 

“Ide awalnya berasal dari Uruguay dan butuh 40 detik untuk mengatakan ya,” Macri menambahkan.

 

“Dan ketika Paraguay mengajukannya, dibutuhkan waktu 40 detik lagi untuk disetujui. Uruguay juga sangat positif dengan penyertaan mereka dan saya pikir itu memberi pencalonan ini dengan lebih banyak kekuatan.

 

“Ini akan menjadi kerja sama yang sangat baik dengan antar negara. Dengan tiga negara yang memiliki sejarah sepakbola baik, ditambah dengan para pemain bintang yang tersedia di masing-masing negara.

 

“Ini akan menjadi momen indah, tidak diragukan lagi. Para pemimpin negara akan sepakat dengan potensi ini, dan tentu saja para penggemar sepakbola akan menyambut hal ini dengan suka cita.”

 

Sementara Uruguay dan Argentina (1978) telah menjadi tuan rumah kompetisi sebelumnya, ini akan menjadi yang bersejarah bagi Paraguay, yang tidak lolos dalam tiga Piala Dunia terakhir di tanah Amerika Selatan.