Argentina Dan Uruguay Telan Kekalahan

BolaSempak – Dua negara yang merupakan raksasa sepakbola Amerika Selatan, Argentina dan Uruguay sama-sama menelan kekalahan dalam laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Argentina ditundukkan oleh tuan rumah Bolivia dengan skor 2-0, sementara Uruguay yang juga bermain tandang ke markas Peru takluk dengan skor 2-1.

 

Argentina harus bermain tanpa bintang andalannya Lionel Messi yang mendapatkan larangan bermain sebanyak 4 kali pertandingan internasional dari FIFA karena menghina seorang ofisial pada laga pekan kemarin menghadapi Chile. Pelatih Edgardo Bauza sejatinya memasukkan nama Messi dalam starting line-up, tetapi keputusan FIFA yang baru keluar kemarin membuat Bauza mau tidak mau harus mencoret nama sang megabintang Barcelona.

 

Penampilan buruk Argentina di atas lapangan membuktikan bahwa tim Tango memang memiliki ketergantungan kepada Messi. Selain itu, absennya sejumlah pemain andalan lain seperti Nicolas Otamendi, Gonzalo Higuain, Javier Mascherano, dan Lucas Biglia juga tidak membantu. Gol dari Juan Carlos Arce dan Marcelo Martins memastikan Argentina harus pulang dengan tangan hampa.

 

Sementara Uruguay yang memang tengah dalam performa tidak meyakinkan gagal mendulang kemenangan atas Peru kendati kembalinya Luis Suarez dari larangan bertanding akibat akumulasi kartu kuning. Tanpa Suarez, Uruguay tidak berdaya atas Brazil dan kalah 4-1. Namun kembalinya Suarez tidak menolong banyak karena Uruguay takluk dari Peru yang membuat tim asuhan Oscar Tabarez kini menelan tiga kekalan beruntun di babak kualifikasi Piala Dunia ini.

 

Uruguay sejatinya mencetak gol terlebih dulu melalui Carlos Sanchez, tetapi gol dari Paolo Guerrero dan Edison Flores membawa Peru berhasil mencetak comeback gemilang atas Uruguay.

 

Kekalahan kedua negara ini membawa Brazil yang di saat bersamaan mampu mengalahkan Paraguay dengan skor 3-0 menjadi negara pertama yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Torehan 33 angkat Brazil tidak mungkin lagi berada di luar empat besar kualifikasi zona CONMEBOL. Kolombia, Uruguay, dan Chile menempati peringkat dua sampai empat, sementara Argentina terancam harus mengikuti laga playoff melawan wakil dari zona Oceania. (AA)