Argentina Akan Gunakan Formasi 3-4-3

BolaSempak – Pelatih baru Argentina, Jorge Sampaoli tampak siap untuk mempertunjukkan sebuah sistem yang baru dalam laga perdananya memimpin tim pada hari Jumat ketika ia memimpin anak-anak asuhnya dalam pertandingan menghadapi Brazil.

 

Kedua rival lama ini akan saling baku hantam di Melbourne Cricket Ground ketika Chevrolet Brazil Global Tour tiba di Australia. Dan mantan pelatih Chile dan Sevilla, Sampaoli disebut telah melatih pendekatan 3-4-3 dalam latihan pekan ini, yang akan dimotori oleh trisula Lionel Messi, Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain.

 

Indikasi yang terpancar dari Melbourne pada pekan ini adalah Nicolas Otamendi, Emanuel Mammana dan Gabriel Mercado akan membentuk formasi tiga bek tengah. Pemain Barcelona, Javier Mascherano yang bermain di lini belakang bagi klubnya tetapi sebagai gelandang di level negara tampak akan mundur ke lini belakang setelah didaftarkan dalam skuad sebagai seorang bek, tetapi tidak akan bisa berlaga karena mengalami cedera.

 

Ever Banega dan Lucas Biglia akan membentuk duo gelandang di lini tengah, sementara Angel Di Maria dan Eduardo Salvio akan bermain di sisi sayap.

 

Pekan ini Sampaoli sedang menekankan strategi pressing yang tinggi secara intens kepada timnya. Ia tampak akan memperkenalkan dinamika dan pendekatan yang menarik yang membawanya meraih kesuksesan kontinental bersama Universidad de Chile dan juga memenangkan Copa America bersama Chile di tahun 2015.

 

Sistem baru yang ia terapkan seharusnya akan memberikan kebebasan bagi Dybala dan Messi untuk saling bertukar posisi dan berkelana dari posisi mereka, sementara Higuain tetap berada di tengah sebagai titik fokal dari tim baik ketika menyerang maupun saat bertahan.

 

Sementara itu, pelatih Brazil Tite tengah melatih timnya sepanjang pekan mengenai bagaimana cara untuk melawan pressing yang tinggi jelang apa yang dipastikan akan menjadi laga yang sangat menarik di stadion Melbourne Cricket Ground yang tiketnya sudah terjual habis. (AA)